SMAN 1 Kutorejo Siap Implementasikan Kurikulum Merdeka

Mojokerto | SMA Negeri 1 Kutorejo, Kabupaten Mojokerto, merupakan salah satu sekolah yang siap mengimplementasikan Kurikulum Merdeka pada tahun ajaran 2023/2024. Kurikulum Merdeka adalah kurikulum baru yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk memberikan kebebasan dan fleksibilitas kepada siswa dalam memilih mata pelajaran sesuai dengan minat dan bakatnya.

Dalam rangka persiapan Kurikulum Merdeka, SMA N 1 Kutorejo telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kualitas layanan pendidikan dan pembelajaran. Beberapa upaya tersebut antara lain:
Melakukan studi tiru ke SMA N 3 Nganjuk, salah satu Sekolah Penggerak rujukan Kurikulum Merdeka, pada Selasa, 23 Mei 2023. Studi tiru ini bertujuan untuk belajar dari pengalaman dan best practice SMA N 3 Nganjuk dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

Mengadakan workshop peningkatan kompetensi guru dan tenaga kependidikan pada Rabu-Jumat, 26-28 Juli 2023. Workshop ini bertujuan untuk memperkuat pemahaman dan keterampilan guru dan tenaga kependidikan dalam mendukung pelaksanaan Kurikulum Merdeka.

Meningkatkan kerjasama dan harmonisasi dengan Komite Sekolah dan Paguyuban Orang Tua Wali Siswa. Komite Sekolah dan Paguyuban Orang Tua Wali Siswa merupakan mitra strategis sekolah dalam memberikan dukungan dan partisipasi aktif terhadap program-program sekolah, termasuk Kurikulum Merdeka.

Kepala SMA N 1 Kutorejo, Drs. Ahmad Setyawan, M.M.Pd., mengatakan bahwa sekolahnya senantiasa berupaya untuk menjadi sekolah yang berkualitas dan berdaya saing.

“Dengan kerja keras profesional seluruh insan civitas sekolah didukung kinerja aktif partisipatif Komite Sekolah beserta Paguyuban Orang Tua Wali Siswa, kami semakin mantap berkreasi, berinovasi, dan berbuat lebih baik menuju sekolah berkualitas,” ujarnya.

SMAN 1 Kutorejo juga telah menunjukkan prestasi-prestasi yang membanggakan di berbagai bidang, seperti:
1. Lingkungan sekolah yang aman, nyaman, asri, indah, sehat, dan ramah.
2. Akreditasi A dengan nilai 97 dari Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah (BAN-S/M).
3. Juara I Lomba Kreativitas Siswa Tingkat Provinsi Jawa Timur tahun 2023.
4. Juara II Olimpiade Sains Nasional (OSN) Bidang Matematika Tingkat Nasional tahun 2023.

SMA N 1 Kutorejo berharap bahwa dengan mengimplementasikan Kurikulum Merdeka, siswa dapat mengembangkan potensi diri mereka secara optimal dan menjadi generasi yang unggul dan mandiri.(etyo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

PHONE PENGADUAN