“Beri Manfaat 20 Hektar” Hippa Margo Adil Desa Sombo Bangun Saluran Irigasi

Magetan,Republiknews-Pengerjaan pembangunan saluran irigasi yang tengah dilaksanakan oleh “Kelompok Hippa Margo Adil” yang berlokasi di Dukuh Duwet RT 02 RW 05 Desa Sombo Kecamatan Poncol Kabupaten Magetan Jawa Timur, merupakan bantuan pembangunan dari Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) tahap 2 Tahun 2022. Yang mana kembali di kucurkan dari BBWS Bengawan Solo sebesar 195 juta.

Sebagaimana diketahui program yang tak lain untuk sarana dan upaya dalam peningkatan ekonomi dan juga kesejahteraan masyarakat khususnya petani dalam mendukung ketahanan pangan nasional. Yang dalam hal ini sengaja di peruntukan dalam rangka peningkatan perekonomian melalui produksi pangan para petani yang ada di desanya.

Tekait pembangunan tersebut, Supriyanto selaku Ketua Hippa Margo Adil waktu ditemui awak Republik News dilokasi pengerjaan menguraikan bahwasanya pembangunan saluran irigasi yang tengah dikerjakan ini, memang benar dari bantuan program P3TGAI tahap 2 Tahun 2022.

Lebih lanjut Supriyanto juga menerangkan bahwasanya pembangunan saluran nantinya dikerjakan dalam bentuk plester dengan tahap akhir di aci.
“Panjang saluran yang kita kerjakan ini 305 M, dengan tinggi 62 M. Dan untuk lebar atas 90 M, serta lebar bawah 60 M, semua kita kerjakan sesuai gambar pelaksanaan, “terangnya sambil memberi arahan kepada anggotanya.

Baca Juga:  Disnakan Magetan Bersama Dinas Kelautan Dan Perikanan Jatim "Tebar Benih Ikan Di 7 Lokasi"

Diutarakan juga mengenai pembangunan yang tengah dikerjakan ini sudah mencapai sekitar 20% pengerjaan.
“Semua kita kerjakan bersama anggota Hippa dari masyarakat setempat. Dan dalam pemanfaatan nantinya untuk mengaliri area persawahan sekitar 20 Hektar, termasuk area persawahan masyarakat petani desa Ngaglik (desa sebelah), “imbuhnya.

Di lain sisi Supriyanto juga tak luput menyampaikan harapan, semoga pengerjaan pembangunan dari program tersebut cepat terselesaikan. Supaya nantinya masyarakat petani bisa segera merasakan manfaatnya dalam mengelola lahan serta mengakses air irigasi tanpa ada kesulitan dalam hal pengairan.

Sementara itu di tempat berbeda, senada juga diungkapkan Ismadi, Kepala Desa Sombo yang mengatakan, mengenai bantuan program P3TGAI yang tengah dikerjakan oleh Kelompok Hippa Margo Adil tak lain adalah sebagai wujud nyata pemerintah dalam menyejahterakan masyarakat melalui infrastruktur pertanian.

Baca Juga:  Launching Perpustakaan Desa Mojoduwur Mojowarno Jombang

“Dengan adanya program P3TGAI ini, semoga masyarakat para petani di Desa Sombo sangat terbantu. Dan di harapkan nantinya bisa memberikan manfaat para petani untuk meningkatkan produktivitas hasil panen lebih baik dari tahun sebelumnya, “tutur Ismadi saat ditemui, Selasa (13/9/2022).

Di akhir pertemuan Kepala Desa Sombo juga menyampaikan terimakasih kepada pihak-pihak terkait, karena dengan adanya bantuan program tersebut masyarakat petani merasa terbantu dalam hal ketersediaan air untuk mengaliri persawahan maupun pengolahan lahan pertanian yang ada di desa Sombo. (w.i)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!