Tunjang Produktivitas Pertanian “Hippa Sumber Rezeki Desa Ngasinan” Bangun Saluran Irigasi

Ponorogo,Republiknews, Kembali melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) Tahap 2 di Tahun 2022 dari BBWS Bengawan Solo yang serentak dilaksanakan dengan pengucuran dana sebesar 195 juta. Di wilayah Kabupaten Ponorogo sendiri dari beberapa desa yang mendapatkan program tersebut salah satunya Desa Ngasinan Kecamatan Jetis.

Adapun tujuan program tersebut untuk menunjang peningkatan perekonomian produksi pangan para petani, juga sebagai upaya menjaga ketersediaan air irigasi untuk pertanian persawahan warga desa dalam mengelola lahan pertanian guna mendukung program ketahanan pangan nasional.

Terkait hal tersebut, di utarakan Tambir selaku Ketua Hippa Sumber Rezeki saat ditemui awak Republik News di lokasi pengerjaan mengatakan, bahwasanya pengerjaan pembangunan saluran irigasi yang tengah dikerjakan ini adalah bantuan nyata dari pemerintah yang nantinya untuk membantu ketersediaan air di areal persawahan warga.

Baca Juga:  152 KK DESA LEMAHBANGDEWO TERIMA BLT-DD TAHAP II

Disampaikan pula pengerjaan pembangunan yang dilaksanakan beserta anggota yang masih dalam pengerjaan awal (normalisasi), semua dikerjakan secara swakelola melibatkan masyarakat setempat.

“Pembangunan yang tengah kita kerjakan masih dalam tahap normalisasi, dan kita kerjakan sesuai gambar pelaksanaan. Untuk panjang saluran 346 M, dengan tinggi pondasi 30 M, serta tinggi bangunan kanan kiri 50 M. Dan untuk pelaksanaan pembangunan saluran yang kita kerjakan nantinya berupa “batu muka”, “ungkapnya saat ditemui Rabu (7/9/2022).

Perlu diketahui lokasi pembangunan tersebut ada di Dukuh Mantup RT 03 RW 01 Desa Ngasinan. Dan dikatakan juga pemanfaatan nantinya untuk mengaliri area persawahan sekitar 30 Hektar.

Diakhir pertemuan Ketua Hippa Sumber Rezeki menyampaikan harapan, supaya nantinya (pengerjaan terselesaikan) kedepan saluran irigasi ini bisa memudahkan para petani dalam mengakses air irigasi pada masa tanam bisa lancar dan semoga pula pengerjaan lancar (terselesaikan) supaya nantinya bisa merasakan manfaatnya.

Baca Juga:  Semarakkan HUT RI Ke 77" Desa Truneng Sukomoro Gelar Giat Jalan Santai

Sementara itu hal senada juga disampaikan Kepala Desa Ngasinan mengenai bantuan dari program tersebut.

“Kami semua mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak terkait, adanya program bantuan P3TGAI ini. Semoga nantinya masyarakat petani khususnya di Dukuh Mantup bisa merasa terbantu (manfaatnya), “ucap Kepala Desa Ngasinan waktu ditemui di kantornya.

(wi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!