Home / PENDIDIKAN

Selasa, 2 Agustus 2022 - 18:52 WIB

IAIN Ponorogo Gelar Seminar Kewirausahaan Lingkup Masyarakat Melalui Usaha Mikro

Ponorogo,Republiknews-Melalui seminar yang di gelar Mahasiswa IAIN Ponorogo Jawa Timur di balai pertemuan Desa Plancungan dalam tema “meningkatkan kemampuan kewirausahaan dilingkup masyarakat melalui usaha mikro” ajak masyarakat yang memiliki jiwa yang kreatif dan inovatif. Yang mana merupakan salah satu hal penting yang harus di miliki oleh seorang wirausahawan untuk membangun jiwa tersebut.

Kegiatan yang dilaksanakan secara tatap muka itu, dihadiri oleh kepala desa Plancungan, mahasiswa IAIN Ponorogo dan masyarakat umum.

Saat di wawancarai awak RepublikNews di usai acara ketua pelaksana kegiatan Dra.Hj.Henny Nailuvary, MM yang mana juga Dosen IAIN Ponorogo mengungkapkan di kegiatan seminar ini tentang bagaimana cara berwirausaha untuk masyarakat yang ada di desa Plancungan.

Adapun arahanya yang belum punya usaha agar mau berusaha ikut berkreatif, dan yang sudah berusaha untuk terus meningkatkan cara usahanya agar lebih sukses dari sebelumnya.

Baca Juga:  Sambangi Warga, Wali Kota Probolinggo Beri Kursi Roda Pada Nenek Murti'ah

“Kalau masyarakat sini ingin maju, seperti kerajinan gerabah biar di kenal masyarakat lain, dari tampilannya diperbaiki, kendinya di haluskan supaya lebih bagus, harga akan naik. Semua itu harus memperhatikan 4P (Produc, Praise, Promosi on,and Please) dalam arti tempat, harga, cara promosi dan produknya, penghasilan masyarakat nantinya akan lebih tinggi dan kemakmuran akan meningkat, “ungkap Dra.Hj.Henny Nailuvary,MM, Selasa (2/8/2022).

Perlu diketahui potensi masyarakat desa Plancungan yang mempunyai usaha mikro diantaranya kerajinan kurungan, tas, gerabah, jajanan (rengginang dan kerupuk) serta jamu.

Di singgung terkait potensi usaha mikro yang ada di desa Plancungan, Dra.Hj.Henny Nailuvary, MM mengatakan, “saya amati memang yang kreatif sangat minim sekali, terutama pemudanya. Padahal peran pak lurah sendiri sangat baik, dari visi misinya yang tak henti-henti mengajak berkreatif untuk kemajuan desanya”.

Baca Juga:  Bupati Probolinggo: Saya Menjalani Karantina 14 Hari

Masih menurutnya, “Tidak hanya di desa Plancungan saja, di mana-mana kalau ingin maju, ekonomi kuat, pasti harus berubah dan itu tidak bisa dari mereka tanpa peranan pemerintah yang harus memperhatikan. Dari komponen desa serta masyarakat harus semangat, terutama pemuda, “tutur Ketua Pelaksana Kegiatan.

Di akhir pembicaraan Dra.Hj.Henny Nailury,MM menyampaikan harapan dari semua yang di uraikan untuk masyarakat desa Plancungan semoga ke depan lebih baik dari hari-hari kemarin. Semangat dan berubah dalam berinovasi untuk usaha.
“Istilahnya kalau dulu omsetnya sekian, besok harus lebih dari hari ini, “tutupnya akhiri perbincangan.

Di sisi lain senada juga di sampaikan Nuri, kepala desa Plancungan untuk terus semangat dalam berkreasi, berinovasi untuk memajukan perkembangan dalam meningkatkan usaha mikro di masyarakat desanya.

(w.i)

Share :

Baca Juga

PENDIDIKAN

Cegah Kenakalan Remaja Sat Binmas Polres Lampung Barat Melakukan Penyuluhan di Sekolah

PENDIDIKAN

Pendidikan SMAN 1 Waytenong Jadi Favorite PPDB

PENDIDIKAN

SMK N 1 Nurussalam Adakan Serah Terima Jabatan Kepala Sekolah

PENDIDIKAN

Siswa Aceh Timur Mengikuti Pelatihan Ketrampilan Raih Juara Umum

BIROKRASI

Dinas Sosial Aceh Timur Memfasilitasi Proses Seleksi Administrasi Anak anak Putus Sekolah

PENDIDIKAN

Wapres Ma’ruf Amin Berharap PTS Indonesia Naik Klaster Berkualitas Tinggi Secara Global

BIROKRASI

Wabub Aceh Selatan Resmi Melantik Pengurus HAMAS Banda Aceh periode 2019-2021

PENDIDIKAN

Gedung Pendidikan MI Muhammadiyah 1 Karang Agung Bantuan Pemerintah Jepang Diresmikan Konjen Jepang
error: Content is protected !!