DESA JERUKGULUNG BERI TROBOSAN DALAM BIDANG PERTANIAN

Madiun,Republiknews-Kemajuan pertanian merupakan tonggak utama dalam mewujudkan ketahanan pangan serta stabilitas perekonomian di suatu wilayah.

Pemerintah Desa Jeruk gulung , Kecamatan Balerejo,Kabupaten Madiun, Jawa timur,Kini berinovasi bersama masyarakat dalam upaya meningkatan hasil produksi pertanian demi mewujudkan ketahanan pangan yang ada di Desa Jeruk gulung.

Bentuk perhatian Pemerintah desa kepada warga masyarakatnya terutama dalam bidang pertainan, ini di buktikan dengan adanya penyerahan bantuan “Disel Emposan Tikus” untuk para petani, Minggu 19/Juni/2022.

“Heru Setyo Busono Kepala Desa Jerukgulung sebelumnya kami mengucpakan terimakasih kepada pemerintah dan masyarakat yang telah mendukung program program kami dalam mewujudkan kemajuan guna untuk kesejahteran yang ada di Desa Jeruk gulung ini” Ucap Heru.

Heru juga menjelaskan terkait penyerahan bantuan ” Disel Emposan Tikus ” ,ini bertujuan untuk meningkatkan komoditas hasil pertanian yang ada di wilayah Desa Jerukgulung ini khususnya, dengan memanfaatkan sumber anggaran Dana Desa ( DD ) sebesar 20 juta rupiah, pemerintah desa serta putra daerah desa jeruk gulung berinovasi dalam menciptakan suatu alat Emposan tikus,dimana maraknya hama tikus yang susah di kendalikan serta mengurangi resiko bagi para petani di banding dengan menggunakan jebakan tikus dengan arus listrik tegangan tinggi, “Jelas Heru”

Heru menambahkan di dunia pertanian emposan merujuk pada alat untuk mengatasi hama tikus. Bahan aktif pembunuh tikus didorong dengan emposan agar masuk ke dalam lubang tikus sehingga tikus mati di dalamnya. Emposan dirancang berbentuk tabung seperti knalpot motor.

Alat Emposan Tikus ini di serahkan langsung Kelompok tani margo santoso dan rukun makmur ketua Margo Santoso Parman rukun makmur sahadak.” Imbuh Heru”.

Heru berharap semoga dengan adanya alat Emposan Tikus ini hal produktifitas hasil pertanian akan meningkat , kemajuan , kesejahteran serta perekonomian masyarakat akan meningkat, sehingga progam ketahanan pangan yang ada di desa jerukgulung menjadi suatu progam yang sukses kedepannya.” Pungkas Heru”

 

(Makni)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.