Kapolres Bersama Bupati Tinjau Kesehatan Sapi, Setelah Sebelumnya Alami Suspect Wabah PMK

Bondowoso,Republiknews – Kapolres Bondowoso, AKBP. Wimboko, SIK, terus membuat gebrakan dalam menangani PMK (Penyakit Mulut dan Kaki) pada hewan ternak.

Kali ini, ia datang dengan mengadakan pengecekan hewan ternak, sekaligus melakukan edukasi kepada masyarakat pemilik ternak sapi, Rabu, (15/06/2022).

Acara tersebut bertempat di Desa Jetis, Kecamatan Curahdami, Bondowoso.

Selain Kapolres dan Bupati Bondowoso, Drs. KH. Salwa Arifin, tampak hadir pula dalam acara tersebut para pejabat instansi terkait, baik dari Dinas Peternakan maupun Kominfo.

Kapolres Bondowoso mengatakan, “Pengecekan dan edukasi wabah PMK ini guna meninjau sapi milik Sidi dan Katri yang berstatus suspect wabah PMK, yang telah dinyatakan sembuh.” Kata AKBP Wimboko.

Selain memberikan pengarahan dan sosialisasi terkait wabah PMK kepada para peternak, dirinya juga memberikan edukasi atau pemahaman bagaimana cara-cara penanganan yang benar terkait PMK.

Baca Juga:  Mantan Kades Di Bondowoso Jadi Tersangka Korupsi Dana Desa

“Para pemilik sapi jangan panik, karena kepanikan bisa menimbulkan kerugian ekonomi. Sapi yang terjangkit PMK bisa disembukan dengan penanganan yang tepat,” ungkap orang nomor satu di jajaran Polres Bondowoso ini.

Selain menjaga kebersihan dan kesehatan hewan, Kapolres juga berpesan agar memfungsikan kembali siskamling, guna antisipasi adanya pencurian hewan yang ditengarai mulai marak kembali menjelang Hari Raya Idul Adha.

“Peran serta masyarakat dalam menjaga keamanan secara bersama-sama, bisa bersinergi dan menjaga harkamtibmas di wilayah Bondowoso,” Jelasnya.

Dalam giat tersebut Kapolres juga memberikan bantuan satu paket sembako dan uang tunai terhadap warga tidak mampu.

Sementara Bupati Bondowoso, Drs. KH. Salwa Arifin, mengatakan, pemerintah juga perlu untuk memberikan atensi terhadap wabah PMK. Tentunya dengan memberikan penanganan sesuai prosedur terhadap hewan ternak.

Baca Juga:  Pencurian Hewan Ternak di Desa Gadingsari, Polres Bondowoso Kantongi Nama Pelaku

“Yang penting kerjasamanya para peternak dan masyarakat, apabila mengetahui tanda-tanda terkait wabah PMK, segera memberitahukan kepada pihak Puskeswan setempat ataupun bisa diberitahukan kepada perangkat desa,” Pinta Bupati.

(Agung)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!