Dapat Kucuran Dana P3TGAI Tahun 2022, Hippa Sumber Makmur Desa Sumber Agung “Bangun Saluran Irigasi Guna Kesejahteraan Petani Di Desanya”

Magetan,Republiknews– Pembangunan saluran irigasi dari program P3TGAI yang tengah dikerjakan oleh “Hippa Sumber Makmur” Desa Sumber Agung Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan Jawa Timur yang pada saat ini pengerjaannya sudah mencapai 20%, nantinya diharapkan sebagai upaya menjaga ketersediaan pengairan irigasi pertanian persawahan warga desa, dan sekaligus sebagai sarana penunjang dalam mengelola lahan pertanian guna mendukung program ketahanan pangan nasional.

Program tersebut dari bantuan BBWS Bengawan Solo dengan pengucuran dana sebesar Rp 195 juta rupiah. Dan sengaja diperuntukkan dalam rangka peningkatan perekonomian melalui produksi pangan para petani.

Terkait hal tersebut ditemui awak Republik News pada Rabu (25/5/2022) siang, Supardi mengatakan bahwasanya keberadaan bantuan program pemerintah yang peruntukan di Desa Sumber Agung
sangat membantu petani di desanya.
Serta juga disampaikan dalam kegiatan pembangunan yang tengah dikerjakan pelaksanaannya dikerjakan oleh Kelompok Hippa Sumber Makmur beserta anggotanya.

Baca Juga:  Anggota DPRK Dari Partai Aceh Yahya Kunjungi Penangkaran Bibit Unggul

“Pengerjaan di lokasi Dukuh Ngrandu Blok Nanom, dikerjakan oleh Kelompok Hippa Sumber Makmur secara swakelola dari masyarakat setempat, “ungkap Supardi Kepala Desa Sumber Agung.

Ungkapnya pula, “Dan harapan saya nantinya kedepan bisa memberi manfaat masyarakat petani dalam mengelola lahan juga pengairan, serta juga nantinya bisa menjaga ketersediaan air irigasi supaya lebih baik walau di masa musim kemarau, “tandasnya.

Sementara itu ditemui juga dilokasi pembangunan Paiman, Ketua Hippa Sumber Makmur menyampaikan, dimana dalam kegiatan pembangunan tersebut masih dalam pengerjaan tahap awal (normalisasi).
“Ini nantinya pembangunan saluran irigasi kita bangun dengan panjang 300 M, dan untuk lebar bawah 60 M, lebar atas 90 M, serta nanti dalam pembangunan ukuran tinggi 70 M, dan semua kita kerjakan sesuai dengan gambar pelaksanaan, “kata Paiman sambil beri instruksi anggotanya.

Di jelaskan pula bahwa pembangunan jaringan irigasi nantinya sepanjang 300 M tersebut guna memberi manfaat untuk mengaliri lahan persawahan sekitar 400 Hektar.

Baca Juga:  Bupati Lampung Barat Serahkan Alat Pertanian Kepada Petani

Dalam perbincangan tersebut Ketua Hippa Sumber Makmur juga menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat maupun Daerah, karena dengan adanya bantuan P3TGAI ini masyarakat petani nantinya merasa terbantu.

“Semoga pengerjaan pembangunan yang tengah kita laksanakan ini berjalan lancar, tak ada kendala, dan kita kerjakan dengan sebaik-baiknya, “sambung Paiman akhiri pembicaraan.

(iwn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!