Beri Manfaat 50 Hektar, Hippa Sumber Mukti Desa Gandu Bangun Saluran Irigasi Dari Program P3TGAI

Ponorogo, RepublikNews – Pembangunan saluran irigasi yang tengah dikerjakan oleh Kelompok Hippa Sumber Mukti Desa Gandu Kecamatan Mlarak Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, nantinya diharapkan bisa meningkatkan perekonomian produksi pangan masyarakat petani di desanya, dan juga untuk menjaga ketersediaan air irigasi persawahan warga desa dalam mengelola lahan pertanian guna mendukung program ketahanan pangan nasional.

Sebagaimana diketahui pembangunan saluran irigasi tersebut adalah bantuan dari program P3TGAI Tahun 2022 dari BBWS Bengawan Solo.

Terkait hal tersebut Kepala Desa Gandu, Muhammad Nasrulloh yang saat itu ditemui mengatakan, bahwasanya pengerjaan pembangunan saluran irigasi yang tengah dikerjakan tersebut adalah bantuan dari program pemerintah.

“Iya mas….pembangunan saluran irigasi yang tengah di kerjakan oleh Kelompok Hippa Sumber Mukti berserta anggotanya adalah bantuan dari program P3TGAI Tahun 2022 sebesar Rp 195 juta rupiah, “ungkapnya kepada awak Republik News, Senin (23/5/2022).

Baca Juga:  Pelantikan Pengambilan Sumpah Mutasi Perangkat Desa, Lima Jabatan Dalam Pemerintahan Desa Tapen Lembeyan

“Dan ini masih dalam tahap pengerjaan awal (normalisasi), adapun panjang saluran irigasi kita kerjakan dengan panjang 307 M, dengan kedalaman 60 M, dan lebar atas ukuran 60 M serta bawah 40 M, “tambahnya memberi penjelasan.

Dikatakan juga lokasi pengerjaan pembangunan saluran irigasi tersebut berada Desa Gandu Wetan Gemoro di area persawahan, yang mana nantinya dalam pemanfaatan mengaliri sekitar 50 Hektar. Di harapkan nantinya bisa memudahkan para petani dalam mengakses air irigasi dalam masa tanam.

“Semoga pengerjaan yang di laksanakan oleh Kelompok Hippa Sumber Mukti berjalan lancar, tidak ada kendala. Dan semoga pula pengerjaan terselesaikan dengan hasil yang baik, supaya para petani nantinya bisa merasakan manfaatnya, “kata Muhammad Nasrulloh.

Baca Juga:  Komitmen Bersama Antara Pemprov Lampung Dengan Pemkab Dalam Mendukung Program Desa Berjaya

Bersamaan itu juga Kepala Desa Gandu menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Pusat maupun Daerah akan bantuan tersebut, karena adanya hal itu masyarakat petani khususnya di Desa Gandu nantinya bisa merasakan manfaatnya atau terbantu. (iwn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!