Melalui Program P3TGAI, “Hippa Maju Lancar Desa Gonggang” Bangun Saluran Irigasi Guna Tunjang Produktivitas Pertanian

Magetan,Republiknews, Melalui Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) Tahun 2022 dari BBWS Bengawan Solo yang serentak dilaksanakan, dengan pengucuran dana sebesar 195 juta, termasuk wilayah Kabupaten Magetan sendiri yang salah satunya mendapatkan program yaitu Desa Gonggang Kecamatan Poncol.

Yang mana tujuannya untuk menunjang peningkatan perekonomian produksi pangan para petani, dan juga diharapkan nantinya sebagai upaya menjaga ketersediaan air irigasi untuk pertanian persawahan warga desa dalam mengelola lahan pertanian guna mendukung program ketahanan pangan nasional.

Sebagaimana hal yang diuraikan Ahmad Dahlan sebagai Ketua Hippa Maju Lancar saat ditemui dilokasi pengerjaan mengatakan bahwasanya, pengerjaan pembangunan saluran irigasi yang tengah dikerjakan ini adalah bantuan nyata dari pemerintah yang nantinya untuk membantu ketersediaan air di areal persawahan warga.

Baca Juga:  Pemprov Jatim dan Kemenkes RI Saling Serahkan BMN dan BMD

Diketahui pengerjaan pembangunan yang dilaksanakan oleh Hippa Maju Lancar beserat anggota masih dalam pengerjaan awal (normalisasi), dan secara swakelola dari masyarakat setempat.

Masih menurutnya, “Pembangunan saluran ini kita kerjakan dengan panjang 375 M, kedalaman 40 M dan lebar kanan kiri 30 M, dan juga dikerjakan sesuai dengan gambar pelaksanaan, “ungkap Ahmad Dahlan, Jum’at (20/5/2022).

Dikatakan juga lokasi pembangunan tersebut ada di Dukuh Dagung Desa Gonggang yang mana nantinya dalam pemanfaatan mengaliri sekitar 124 Hektar.

Diakhir pertemuan Ahmad Dahlan menyampaikan harapan depan supaya nantinya dengan adanya saluran irigasi ini bisa memudahkan para petani dalam mengakses air irigasi pada masa tanam, dan semoga pula pengerjaan lancar (terselesaikan) supaya para petani nantinya bisa merasakan manfaatnya.

Baca Juga:  Dinsos Aceh Timur Salurkan Bantuan dan Sosialisasi Pencegahan Virus Covid-19

“Kami semua tak luput juga mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Pusat maupun Daerah karena dengan adanya bantuan P3TGAI masyarakat petani khususnya di Dukuh Dagung, nantinya bisa merasa manfaatnya (terbantu), “kata Ketua Hippa Maju Lancar kepada Republik News mengakhiri pertemuan.

(iwn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!