Perhutani KPH Banyuwangi Barat Tingkatkan Produksi Getah Pinus dengan Adakan Arisan Daging Sapi

Banyuwangi,Republiknews – KPH Banyuwangi Barat membuat arisan daging sapi sebagai salah satu upaya meningkatkan Produksi Getah Pinus Perhutani di TPG Panggungrejo, RPH Sumber Manggis, BKPH Glenmore. wilayah Desa Tegalharjo, Kecamatan Glenmore, Kab. Banyuwangi.

Arisan daging sapi sudah dilakukan beberapa tahun yang lalu. Hal itu disampaikan mandor Haeroni. “Arisan daging ini awalnya bertujuan untuk memberi semangat dan motivasi kerja sadapan getah pinus di TPG Panggungrejo,” ujarnya. Sabtu (30/4/2022).

“Arisan daging tahun ini dibelikan sapi seharga Rp 31 juta. Penyembelihan dan pembagian dagingnya dilakukan pada hari ini, Sabtu (30 April 2022), Penyadap yang ikut arisan daging sebanyak 57 dari 89 orang,” terangnya.

Haeroni juga menerangkan sampai dengan April 2022 ini, TPG Panggungrejo realiasasi produksi getah pinus sebesar 57 ton dari target 2022 yakni 168 ton atau 34% dari rencana NPS 31%.

“Hasil 57 ton pendapatan masyarakat atau penyadap lebih kurang Rp 256,5 juta dibagi 89 orang, jadi rata rata pendapatan penyadap Rp 2,9 juta/org,” pungkasnya.

Kegiatan arisan daging dalam upaya peningkatan produksi getah pinus ini juga dilakukan di TPG Sragi, RPH Purwodadi dan di TPG Bambusa, RPH Sidomulyo di BKPH Kalisetail, KPH Banyuwangi Barat.

Terpisah, Administratur Perhutani KPH Banyuwangi Barat, Dedy Siswandhi menyampaikan terima kasih kepada Para Pejuang Getah Banyuwangi Barat atas capaian produksi getah sampai April 2022 bisa melewati NPS 31%.

“Capaian ini tidak lepas dari upaya maksimal para pejuang getah Banyuwangi Barat dan bantuan doa semua yang dalam bulan Ramadhan ini diberkahi oleh Allah SWT. Upaya maksimal tersebut salah satunya adalah Pak Mandor mengadakan arisan daging sapi,” pungkasnya. Sabtu (30/4/2022). @red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.