Perhutani KPH Lawu dan KPH Madiun Serta Bupati Ponorogo Bahas Pengembangan Pariwisata

Ponorogo,Republiknews– Perhutani Administrator KPH Lawu Ds, Loesy Triana dan Administratur KPH Madiun Imam Suyuti beserta rombongan menghadiri undangan Bupati Ponorogo Sugiri Sancoko. Senin (21/02/2022) diruang Pringitan Pendopo Ponorogo.

Pertemuan dengan tujuan konsolidasi ini untuk merencanakan pengembangan Pariwisata dalam Kawasan Hutan yang berada di Kabupaten Ponorogo kedepannya.

Bupati mengatakan, untuk pengembangan kepariwisataan ini tidak dapat dilakukan oleh salah satu pihak tetapi diperlukan kerjasama dengan pihak lain. Dan langkah kerjasama ini sebagai percepatan pengembangan kepariwisataan di Kabupaten Ponorogo,” ungkap Sugiri

Selanjutnya, Bupati mengajak agar dapat memanfaatkan adanya Aset Milik Perum Perhutani yang berada di Kabupaten Ponorogo baik dikawasan hutan KPH Madiun dan KPH Lawu Ds. agar bisa dimanfaatkan dan dikelola sekaligus sebagai pemberdayaan untuk menjadikan daerah tujuan wisata.

” Untuk memiliki daya tarik tentunya dibutuhkan penataan alam dengan memperhatikan kenaturalannya. Sehingga akan menjadi salah satu usaha wisata yang nantinya dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat, juga sebagai pelestarian alam,” tambahnya.

Bupati menyebutkan, dibeberapa kecamatan yang merupakan kawasan wisata potensial yang berada dikawasan perum perhutani untuk dikembangkan sebagai desa wisata. Maka pentingnya sinergi peran lintas sektor dalam pembangunan daerah tujuan wisata perlu dijadikan sebuah komitmen bersama.

Sugiri berharap dalam pengelolaannya libatkan juga Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) karena memiliki peran yang sangat penting dan strategis dalam pengembangan kepariwisataan di setiap wilayah, terutama dalam menggerakan komponen masyarakat sekitar yang memiliki potensi wisata, sehingga mereka ikut berpartisipasi mewujudkan pesona wisata Ponorogo yang wonderfull, melalui pola pengembangan pariwisata berbasis pemberdayaan masyarakat.

“Disamping menjaga nilai-nilai sapta pesona, pengembangan SDM tidak kalah penting, inilah yang menjadi tantangan kita bersama, dalam mewujudkan Ponorogo sebagai daerah tujuan wisata, infrastruktur, sarana, dan kebijakan yang fokus mengarah pada kepariwisataan,” pungkas Sugiri.

Administratur KPH Lawu Ds, Loesy Triana berharap kerja sama Pemkab Ponorogo dengan Perhutani yang juga melibatkan masyarakat bisa berjalan dengan baik. Kedepan bisa menghasilkan suatu keuntungan bersama dan bisa mensejahterakan masyarakat dalam menciptakan perekonomian yang layak,” tambahnya

Untuk pembangunan industri pariwisata dalam membangun ekonomi kreatif di Kabupaten Ponorogo, Loesy menerangkan, dalam pengelolaannya dapat dilaksanakan dengan baik dan cepat, maka diperlukan serangkaian kerjasama antar berbagai pihak. baik pemerintah, akademisi, pers, pihak swasta, maupun masyarakat, sebagai mitra yang bersama menjaga komitmen, untuk mewujudkan sebuah agenda besar, bagi peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan sektor kepariwisataan.

“Sehingga kita dapat bersama-sama meningkatkan kapasitas Ponorogo sebagai daerah tujuan wisata yang kompetitif dan berdaya saing di Jawa Timur. Tak ketinggalan kita berdoa semoga wabah pandemi covid-19 yang dampaknya sangat kita rasakan bersama akan segera berakhir,” pungkasnya. @red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.