POTRET  

Pemdes Dadapan Bangun Pagar Makam Leluhur, Wujud Penghormatan Bagi Tokoh Pendiri Wilayah

Ponorogo, RepublikNews, Menilik pada peningkatan nilai estetika wilayah serta penghormatan atas jasa leluhur yang telah babad (pendiri) Desa Dadapan Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo Jawa Timur, Pemerintah Desa melalui “Program Pokmas Propinsi Jatim” membangun pagar bernuansa era kerajaan di makam salah satu tokoh pendiri desa yang ada.

Hal ini di ungkapkan Rusmiyatin Kepala Desa Dadapan saat di temui RepublikNews di kantornya, Senin siang (21/2/2022).

“Kita bangun (pagar makam) itu memang biar kelihatan indah dan rapi, masalahnya ada di pinggir jalan. Apalagi makam tersebut merupakan makam salah satu pendiri desa khususnya Dukuh Karesan”,Kata Kepala Desa Dadapan.

Baca Juga:  P3TGAI Tahun 2021 Tunjang Produktivitas Pertanian Desa Singgahan
Rusmiyatin Kepala Desa Dadapan

Lanjutnya, “Nama makan tersebut makam Mbah IRHO”.

Ia juga menyampaikan bahwa anggaran pembangunan pagar makam tersebut menelan biaya sebesar Rp 75.000.000 dari Pemprov Jatim.

Masih menurutnya bahwa di desa Dadapan sendiri ada 4 Makam tokoh pendiri yang tersebar di tiga dukuhan, dan kedepannya pemerintah desa berencana akan membangun serta merenovasi makam makam tersebut. Dengan tujuan sebagai tanda agar tidak mudah dilupakan.

“Harapannya, pemakaman ini tidak hanya bagian dari sejarah saja.Akan tetapi ke depan bisa sekaligus menjadi wisata edukasi religi, “Ungkap Rusmiyatin mengakhiri pertemuan. (iwn)

Baca Juga:  DPD Sekar Perhutani KPH Lawu Ds Peringati Harlah ke-17

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!