Home / HUKRIM

Sabtu, 18 Desember 2021 - 20:23 WIB

Amazing..!!Sabu Dalam Kemasan Sampo Diselundupkan Ke Rutan Medaeng Dapat Digagalkan

Sidoarjo,Republiknews-Berbagai macam cara dilakukan untuk bisa menyelubdupkan barang-barang terlarang di lapas/ rutan jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim.

Kali ini Rutan Kelas 1 Medaeng Surabaya di Sidoarjo menggagalkan upaya penyelundupan serbuk putih diduga narkotika jenis sabu. Barang haram tersebut coba diselundupkan melalui kemasan sampo.

Upaya penyelubdupan barang sebesar 29,78 gram itu dibenarkan Kepala Kanwil Kemenkumham Jatim Krismono. Menurutnya, penggagalan itu dilakukan saat pemeriksaan barang titipan untuk warga binaan,Sabtu (18/12/2021).

“Berkat kejelian petugas, sehingga upaya penyelundupan barang diduga narkotika ke Rutan I Surabaya bisa digagalkan,” ujar Krismono.

Sebelumnya, Krismono mengingatkan jajarannya untuk memperketat pengamanan jelang libur natal dan tahun baru. Menurutnya, euforia di luar tembok lapas/ rutan berpotensi memancing warga binaan melakukan hal yang sama.

Baca Juga:  Warga Jatiroto Jualan Ratusan Miras di Amanakan Polres Lumajang

“Selalu kami tekankan untuk teliti, dan pada momen nataru 2021 ini, kami kembali tekankan lagi untuk semakin ketat,” tutur Krismono.

Sementara itu, Kepala Rutan I Surabaya Wahyu Hendrajati menceritakan bahwa penemuan itu terjadi saat petugas melayani penitipan barang secara drive thru. Sesuai SOP yang berlaku, lanjut Hendrajati, petugas melakukan penggeledahan setiap barang yang dititipkan. Termasuk saat SW menitipkan beberapa makanan dan keperluan sehari-hari untuk anaknya yang mendekam di Rutan Surabaya berinisial WAS.

“Karena shampo disimpan dalam botol, maka kami bongkar dan hendak dipindah ke wadah plastik,” ujar Hendrajati.

Saat dipindah itulah, tiba-tiba macet. Petugas pun curiga karena botol sampo masih cukup berat. Akhirnya, saat dibongkar, petugas mendapati ada delapan poket serbuk putih yang dibungkus plaatik dan lakban hitam. Namun, SW mengaku bahwa barang tersebut merupakan titipan rekan warga binaan lain atas nama DA.

Baca Juga:  Seorang Ayah di Tempursari Setubuhi Anak Tirinya

“Petugas langsung melakukan kroscek ke dalam, dan DA mengakui bahwa barang tersebut adalah pesanannya,” lanjut Hendrajati.

Untuk tindaklanjut, pihak rutan yang terletak di Desa Medaeng itu menyerahkan kasus tersebut kepada Polsek Waru. Pihak Rutan Surabaya telah melakukan serah terima barang kepada Kanit Reskrim Polsek Waru Iptu Ahmad Yani.

“Untuk menentukan keterlibatan maupun pendalaman kasus selanjutnya, bisa konfirmasi kepada Polsek Waru,” tutup Hendrajati

(SuN)

 

Share :

Baca Juga

HUKRIM

Kades Tanjung Bumi dan Camat Tanjung Bumi Kabupaten Bangkalan Ditetapkan Tersangka Dugaan Korupsi Dana Desa

HUKRIM

Sunat Dana Desa, Kades Way Melan (Non Aktif) resmi Ditahan Polres Lampung Utara

HUKRIM

Polda Jatim Bongkar Jual Beli Satwa Dilindungi

HUKRIM

Seorang Ayah Tega Cabuli Anak Tiri di Bawah Umur

HUKRIM

Satresnarkoba Polres Jombang Berhasil Mengamankan Pengedar Narkoba Asal Perak

HUKRIM

Dua Pelaku Pencurian Motor Dijalan Setro Baru Diringkus Unit Reskrim Polsek Tanbaksari

HUKRIM

BPOM Dan Mabes Polri, “Grebek 3 Perusahaan Jamu Merk Tawon Klanceng dan Akar Daun” Di Banyuwangi

HUKRIM

Korban Perampasan Motor Melaporkan Debt Collector Ke Polres Jombang
error: Content is protected !!