Pacu Peningkatan Ekonomi Masyarakat, PemDes Bajang Adakan Kegiatan Pemberdayaan

Ponorogo,Republiknews, Menjadikan kejayaan masa lalu sebagai tema produk dari salah satu giat pemberdayaan yang saat ini tengah di kembangkan Pemerintah Desa Bajang Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo Jawa Timur.

Produk batik Desa Bajang yang mengambil tema daun randu tersebut, merupakan salah satu hasil dari beberapa produk pemberdayaan masyarakat desa Bajang yang di harapkan mampu bersaing di percaturan ekonomi pasar bebas ke depan.

Dalam pertemuannya dengan Republik News pada Rabu, (8/12 2021). Kepala Desa Bajang Ninik Setyowati, SE. mengulas alasannya memilih tema “randu” sebagai ciri khas produk batiknya. Ia menyampaikan bahwa dulunya, Desa Bajang merupakan satu satunya desa di Kabupaten Ponorogo atau bahkan mungkin di Jawa Timur, yang memiliki produk unggulan kasur berbahan dasar kapuk (kapas randu).

Bahkan nama Desa Bajang pernah melejit dan mengalami masa jaya pada produk unggulan kasur kapuk yang ada, meski pada akhirnya harus tergerus oleh arus jaman dengan membanjirnya  produk baru berbahan busa dan lainnya.

“Jadi randu itu sempat booming di bajang ini, dan bajang adalah satu satunya desa di Ponorogo sebagai penghasil kasur yang berbahan dasar kapas dari randu. Jadi kami ingin bajang ini kembali moncar (terkenal), dengan membatik bermotif randu baik itu daunnya maupun bunganya”. Terang Kepala Desa Bajang tersebut kepada awak Republik News.

Dalam tahap awal pengembangan produksi Pemerintah Desa Bajang juga  merangkul beberapa pihak yang berhubungan dengan batik untuk memperkuat segi produksi maupun dalam hal pemasaran ke depan.

Ninik juga menyampaikan bahwa ke depan peran BUMDes akan sangat strategis di dalam turut membantu mulai dari produksi sampai pada pemasaran.  Ia juga optimis bahwa batik randu Bajang merupakan salah satu produk pemberdayaan yang kelak turut mendongkrak peningkatan ekonomi masyarakatnya ke depan.

Seperti ketahui bahwa selain membatik, ada berbagai pelatihan yang di adakan pemerintah desa Bajang dalam memberdayakan masyarakatnya, antara lain pelatihan kecantikan, penggemukan hewan ternak, pembuatan kue dan masih banyak lagi.

 

(Iwn)

 

 

,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.