UPAYA DINAS PUPR SDA MENGATASI BANJIRNYA DARI KALI, SEKITAR DESA SUNDUL DAN DESA KRAJAN

Magetan,Republiknews-Salah satu faktor terjadinya banjir mulai dari resapan air, saluran air yang tidak mampu menampung debit air akibat banyak sampah ataupun banyak pohon-pohon yang tertanam di sekitaran kali atau sungai.

Untuk menghindari semua itu seperti yang di lakukan Dinas PUPR Kabupaten Magetan Bidang Sumber Daya Air dalam upaya mengatasi banjir di sekitaran kali atau sungai. Di antaranya dengan melakukan normalisasi, pemerataan tanah pembersihan sampah, dan juga pemotongan pohon-pohon bambu yang ada di sekitar sisi kali atau sungai, supaya nantinya tidak menyumbat aliran debit air.

Sebagaimana yang di ungkapkan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Magetan melalui Kepala Bidang SDA Yuli K.Iswahyudi saat di temui awak Republik News di ruang kerjanya, mengatakan bahwasanya pelaksanaan yang kita lakukan dengan pemerataan tanah dan pembersihan sampah serta pemotongan pohon-pohon di lokasi kali di sekitaran Desa Krajan dan Desa Sundul, sebagai upaya dalam menanggulangi banjir.

“Pelaksanaan tersebut kita lakukan di karenakan lokasi tersebut sering terjadi banjir antara Desa Sundul dan Desa Krajan. Masalahnya setiap musim hujan terjadi banjirnya dari kali, terutama pohon-pohon bambu yang semakin lama semakin besar nyumbat ke kali, “Ungkap Yuli K.Iswahyudi Rabu (1/12/2021).

Lanjutnya, “Kita turunkan alat berat serta di bantu dari desa sendiri (pohon-pohon di potongi), cuma kita membersihkan area kali biar tidak menyumbat aliran airnya, sehingga nantinya tidak terjadi banjir”.

Di akhir pertemuan Kepala Bidang SDA juga menyampaikan harapan kepada masyarakat desa sekitar bersama-sama menjaga kali dari sampah atau pohon-pohon yang sewaktu-waktu tumbuh untuk di bersihkan supaya tidak menyumbat aliran air lagi.

 

(iwn)

, ,

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.