Sumur Bumdes Pacu Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi Petani Desa Turi 

Magetan, RepublikNews – Di bangunnya sumur milik Bumdes Turi Kecamatan Panekan Kabupaten Magetan Jawa Timur, di harapkan bisa turut membantu kesejahteraan masyarakat di sektor pertanian serta menambah PAD ( Pendapatan Asli Desa ) Turi.

Hal ini di sampaikan Suhepy Kepala Desa Turi saat di temui awak RepublikNews, pada Jum’at siang ( 1/10/2021) di kantornya.

Sebagaimana di utarakan, bahwa terbangunnya “sumur Bumdes” tujuan utamanya tak lain untuk masyarakat desa Turi yang mayoritas petani. Di samping itu pemanfaatannya juga untuk mengaliri lebih dari 20 Hektar.

“Dari pemanfaatan yang mengaliri sekitar 20 Hektar lebih untuk tambahannya air irigasi dari sumber, di karenakan kurang atau debit airnya kecil, maka di tambah melalui “sumur dari Bumdes”,bisa teraliri semua dengan maksimal atau debit airnya besar, “Tutur Kepala Desa Turi.

Masih kata Suhepy, “Yang utama memaksimalkan irigasinya dulu, kalau irigasinya mapan, bagus hasil pertanian pun bisa maksimal dan menambah PAD Turi”.

“Alhamdulillah masyarakat petani merasakan panen dengan maksimal, biasanya 9 Kwintal untuk 18 Are, sekarang bisa lebih dari 1 Ton, “Imbunya.

Di jelaskan juga, sumur Bumdes ini menelan Anggaran sekitar 130 juta rupiah yang di alokasikan dari Anggaran Dana Desa (DD) Tahun 2021. Yang semua kepengurusannya sudah terbentuk, terdiri dari orang-orang yang sangat loyal dan kompeten di bidangnya.

Di akhir pembicaraan Suhepy mengungkapkan, “Memang tidak sesimpel dan semudah yang di bayangkan, tapi dengan optimisme serta semangat, dan keberhasilan meraih sebuah pencapaian semua akan bisa terwujud. Dalam memacu pertumbuhan dan peningkatan ekonomi desa”. (Iwn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.