Bupati Parosil Beberkan Prestasi Yang Diraih Dalam Sidang Paripurna HUT Lambar Ke-30

Lambar, RepublikNews – DPRD Kabupaten Lampung Barat menggelar sidang paripurna istimewa Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Lampung Barat yang ke-30 di ruang sidang Margasana DPRD setempat, Kamis (23/9).

Sidang paripurna istimewa yang dipimpin oleh Ketua DPRD Edi Novial, S. Kom,. tersebut dihadiri Bupati Hi. Parosil Mabsus, Wakil Bupati Mad Hasnurin, para anggota DPRD, Kepala Perangkat Daerah, Sesepuh, Tokoh Agama, Tokoh Adat dan Tokoh Masyarakat, serta diikuti oleh 15 kecamatan

Bupati Hi. Parosil Mabsus dalam sambutannya membeberkan terkait prestasi yang diraih atas kerja keras dan gotong royong yakni Predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) yang ke-11 (sebelas) kali secara berturut-turut. Penghargaan Pembangunan Daerah tingkat

Provinsi Empat Tahun (2018, 2019, 2020 dan 2021) secara berturut-turut dan Nominasi 19 Besar Tingkat Nasional pada tahun 2021. Predikat SAKIP B Empat tahun Berturut-turut dan Urutan Satu Predikat SAKIP di Provinsi Lampung pada tahun 2018, 2019 dan 2020.

“Kemudian Kabupaten Layak Anak Tingkat Pratama dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak. Peringkat 6 Nasional Kategori Kabupaten dalam Inovasi Government Award (IGA) Tahun 2020 dari Kementerian Dalam Negeri RI; dan yang terbaru. Nugra Jasa Darma Pustaloka 2021 dan Juara I Lomba Perpustakaan Desa Tingkat Nasional dari Perpustakaan Nasional RI, sebagai wujud salah satu dari 3 Komitmen Kabupaten Lampung Barat yaitu Kabupaten Literasi, serta Penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) Tahun 2020 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak,” bebernya.

Sebagai masyarakat Lampung Barat, lanjut dia, wajib bersyukur dengan menjadikan hari kelahiran ini sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali setiap detik perjuangan kehidupan dengan karya dan prestasi, lalu kita bingkai catatan perjalanan hari ini dan ke depan dengan kerja produktif demi meraih cita-cita dan harapan.

Kepada pendahulu dan para pendiri Lampung Barat, ia menyampaikan rasa terima kasih yang sebesar-besarnya atas jasa dan pengabdian terbaik kepada Lampung Barat yang sama-sama kita cintai dan banggakan.

“Kita meyakini setiap pemimpin dan pemerintahan pada masanya mempunyai semangat untuk senantiasa bekerja keras dan bertekad membangun daerah tercinta ini ke arah yang lebih baik demi mencapai kesejahteraan masyarakat Lampung Barat,” ujarnya.

Terusnya, semangat inilah yang menjadi alasan kuat sehingga Pemerintah Daerah menjadikan “Lampung Barat Tangguh” sebagai tema Peringatan HUT ke-30 (Tiga Puluh) pada tahun 2021 ini.

Tema ini hendaknya dijadikan spirit oleh seluruh masyarakat Lampung Barat untuk pantang menyerah dan tidak merasa lemah terhadap sesuatu yang terjadi.

“Meskipun, ditengah keadaan yang penuh disrupsi ini kita harus berani untuk berubah, berani untuk mengubah dan berani untuk mengkreasi hal-hal baru untuk dapat keluar dari segala krisis akibat dampak dari pandemi Covid-19,” kata dia.

Lanjutnya, Perubahan adalah kata kunci yang harus dijalani di setiap Daerah, tidak saja dalam konteks peningkatan kualitas, tetapi juga menyangkut kualitas hidup masyarakat secara lebih luas. Apalagi persaingan kehidupan ke depan tidak akan lebih ringan dibanding saat ini, karena perkembangan ilmu pengetahuan, terutama di bidang telekomunikasi, telah membuat setiap individu, kelompok, atau masyarakat semakin berdaya saing dan memiliki peluang untuk memenangkan persaingan di berbagai bidang kehidupan.

“Dengan Budaya dan tradisi yang dimiliki, Kabupaten Lampung Barat dapat menjadi lebih kuat, lebih berdaya saing dan selalu tampil sebagai yang terdepan dalam berbagai hal yang bermaslahat bagi masyarakat. Berkepribadian dibidang kebudayaan dan bersatu dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,” sebutnya.

Sampai dengan menjelang berakhirnya tahun keempat pemerintahan, kata dia, ia menyampaikan kepada masyarakat Lampung Barat bahwa apa yang telah ditetapkan dalam visi misi pemerintahan dan pembangunan dan selanjutnya dijabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah telah berjalan pada arah yang benar.

“Secara konsisten Pembangunan Daerah selalu mengacu pada prinsip-prinsip yang menekankan keseimbangan antara pertumbuhan, pemerataan dan keberlanjutan. Untuk itu pemerintah Lampung Barat akan terus berbenah diri agar lebih baik lagi dengan tetap berpegang kepada prioritas pembangunan yang diterjemahkan melalui Pitu Program,” imbuhnya.

Terusnya, adapun sektor dari Prioritas Pembangunan itu yakni peningkatan infrastruktur mantap melalui pembangunan dan peningkatan jalan, jembatan, irigasi serta akses air minum aman dan sanitasi yang layak bagi masyarakat.Penataan kota Liwa sebagai Kota Budaya melalui Sarana dan Prasarana kota yang Representatif seperti pembangunan gedung budaya, rehabilitasi masjid, penataan taman kota.

“Semua bisa melanjutkan sekolah antara lain Seragam Gratis Bagi Siswa-siswi tidak mampu, pemberian penghargaan dengan memberikan Beasiswa bagi siswa-siswi yang berprestasi serta mengangkat Guru Honor menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak. Program Pelayanan masyarakat sehat dengan Meningkatkan Sarana dan Prasarana Puskesmas dan Rumah Sakit Daerah, ambulans hebat serta jaminan pemeliharaan kesehatan penduduk miskin di luar kuota, pelayanan pasien kurang mampu Jamkesmas atau JKN PBI,” bebernya.

Kemudian, Program Mensejahterakan petani antara lain melalui pembinaan pengelolaan alat produksi pertanian, stabilisasi harga kebutuhan bahan pokok, pengembangan lumbung pangan masyarakat. Masyarakat berdaya saing dan peningkatan kinerja pelayanan publik dengan Memberdayakan Masyarakat melalui Rumah Produktif dan kreatif untuk menciptakan lapangan pekerjaan serta menyediakan Pelayanan publik yang mudah, cepat, tepat, murah, gratis, dan transparan.

“Terakhir Program Peningkatan iman dan taqwa dialokasikan pagu antara lain melalui fasilitasi penyelenggaraan haji/umroh wisata rohani, penyebaran syiar agama,” imbuhnya. (Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.