Pacu Terus Dalam Kegiatan, Pemdes Bogoarum Lakukan Untuk Kesejahteraan Masyarakat

Magetan RepublikNews – Kegiatan yang terus di lakukan oleh Pemdes Bogoarum Kecamatan Plaosan Kabupaten Magetan Jawa Timur, di antaranya untuk percepatan pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang di bentuk dalam Musdes Penetapan Pendataan SDGs, yang dalam pelaksanaannya kemarin Minggu (19/9/2021) jam 20.00 sampai selesai.

Adapun hasil dari pendataan yang meliputi data lokasi, pemerintah desa, regulasi APBDes, lembaga kemasyarakatan desa, BUMDes, unit usaha BUMDes, infrastruktur dan lainnya. Serta juga pendataan jumlah RT, jumlah KK, dan jumlah Individu. Yang tujuan semua itu untuk keterbukaan publik khususnya di masyarakat sendiri, supaya pelaksanaan program-program daerah tetap sasaran.

Berkesinambungan dalam hal program tersebut, Pemdes Bogoarum juga memperdulikan sumber daya manusia, salah satu program di bidang kesehatan, bersama Forum Kabupaten Sehat (FKS) di balai pertemuan desa setempat Senin (20/9/2021) membahas “sosialisasi desa sehat”.
Dengan harapan mewujudkan masyarakat magetan lebih sehat, lebih mandiri dan lebih sejahtera.

Sebagaimana hal yang di sampaikan Kepala Desa Bogoarum Suyanto, dari semua kegiatan yang di adakan menjelaskan, “Kegiatan semua itu kita sampaikan, transparan, keterbukaan publik, terutama masyarakat setempat supaya tidak ada permasalahan, “Tuturnya saat di temui awak RepublikNews di kantornya.

Mengenai kegiatan sosialisasi desa sehat bersama FKS, Suyanto juga mengatakan, “Program ini suatu upaya untuk menyehatkan kondisi pedesaan yang bersih, nyaman, aman, dan sehat, serta untuk mengoptimalkan potensi masyarakat melalui pemberdayaan kelompok kerja, yang sifatnya di fasilitasi sektor terkait, “Jelasnya.

Di jelaskan juga perihal kegiatan penetapan pendataan SDGs, dari hasil data masyarakat untuk jumlah KK ada 753, dan dari jumlah Individu ada 2515. Suyatno juga menaruh harapan besar dari hasil penetapan pendataan tersebut supaya dapat di gunakan sebagai basis Penyusunan Rencana Pembangunan Desa atau Daerah, Dengan begitu program yang akan di laksanakan akan tepat sasaran karena berbasis pada permasalahan dan kebutuhan yang ada.

Di tempat terpisah di temui awak Republik News, Nursalam, S.T selaku Ketua Forum Kabupaten Sehat menjelaskan, “Mengenai kegiatan sosialisasi desa sehat yang di adakan di desa Bogoarum ini, untuk mewujudkan masyarakat lebih sehat, lebih mandiri dan lebih sejahtera, dari upaya menciptakan penghijauan ataupun penataan sampah”.

Masih lanjutnya, “Program ini semua instansi berperan, termasuk dari Baperda, PU, Kesehatan, Pertanian, yang semua tertuang dalam Musrenbang tiap tahunnya, “Kata Nursalam, S.T.

Di akhir pembicaraan Ketua Forum Kabupaten Sehat bahwa program “desa sehat” ini di mulai tahun 2009 dan berkembang terus sampai sekarang. (Iwn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.