Staf Ahli Ajak Pegawai Untuk Menguatkan Komitmen dan Keluar Dari Zona Nyaman

Jombang, RepublikNews – Melanjutkan kunjungannya, Staf Ahli Bidang Politik dan Keamanan Y Ambeg Paramarta hari ini, Selasa (06/09/21), berkunjung ke kota Santri Jombang.

Dua satker di jajaran Kanwil Kemenkumham Jatim yaitu Rupbasan Jombang dan Lapas Jombang mendapatkan kesempatan untuk dikunjungi. Mendampingi Staf Ahli, Kakanwil Krismono tampak hadir mengikuti penguatan tersebut.

Staf Ahli menyampaikan ada pertanyaan mendasar ketika kita ingin meningkatkan kualitas pelayanan publik dan menjadikan satker bebas dari KKN. Dua pertanyaan itu adalah merubah mindset dan merubah budaya kerja yang mengutamakan pelayanan publik.

Dua hal mendasar tersebut akan berjalan dengan baik apabila dilakukan sosialisasi dan internalisasi secara terus menerus ke jajaran. “Pola pikir, pola sikap dan pola tindak pasti akan berubah ketika internalisasi berjalan dengan baik,” terangnya.

Contoh paling mudah adalah ketika dalam suatu forum atau apel, salah satu pimpinan mengucapkan Salam Pembaharuan, maka seluruh yang hadir otomatis membalas dengan jawaban Kami PASTI.
“Seperti itulah contoh internalisasi yang sudah berjalan,” terangnya.

Salah satu tips untuk menginternalisasi nilai-nilai ke jajaran adalah dengan menciptakan yel-yel yang mudah diingat dan tidak terlalu panjang.

“Mudah diingat, tahu maknanya dan yang tidak kalah pentingnya adalah dapat menjadi pedoman perilaku individu tersebut,” tuturnya.

Staf Ahli menerangkan bahwa Kanwil Kemenkumham Jatim telah banyak dilakukan penguatan kepada jajarannya. Hal tersebut sangat baik karena menjadi bukti bahwa para Pimti Kanwil telah memiliki komitmen yang kuat. “Kita berharap komitmen dan semangat ini menular ke semua satker di jajaran,” urainya.

Ambeg menambahkan apabila komitmen terbentuk maka akan siap untuk keluar dari zona nyaman. Tim yang solid juga menjadi kunci untuk keberhasilan pembangunan ZI. (Nif)

 

*Humas Kemenkumham Jatim

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.