Dinas PUPR Bidang SDA Magetan Rehabilitasi Bangunan Bendung Ngentep

Magetan RepublikNews – Untuk terus menambah ketersediaan air dan memaksimalkan pengairan terutama di sektor pertanian. Pemerintah Kabupaten Magetan Jawa Timur melalui Dinas PUPR Bidang SDA mengalokasikan dana sebesar Rp 195,940,000,00 melalui APBD TA 2021 guna Pembangunan Rehabilitasi Bendung Ngentep. Dengan pelaksana pengerjaan CV. Sumber Panguripan serta pengawas dari CV. Gading Konsultan.

Pembangunan tersebut merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Magetan untuk meningkatkan kesejahteraan para petani masyarakat di bidang pertanian.

Di harapkan pembangunan tersebut bertujuan untuk peningkatan sistem irigasi yang ada dengan menambah luas saluran, serta memulihkan kerusakan dari saluran sebelumnya, juga mempertimbangkan perubahan dan kondisi lingkungan daerah irigasi.

Sebagaimana yang di sampaikan Kepala Dinas PUPR Kabupaten Magetan melalui Kepala Bidang SDA Yuli K.Iswahyudi mengatakan, “Pembangunan peningkatan saluran Dam Ngentep, termasuk program pemerintah Tahun 2021 ini. Yang merupakan upaya untuk kesejahteraan masyarakat di bidang pertanian”.

“Dalam pengerjaan pembangunan kita menggunakan “Talud Beton Siklop (Cyclop)” di mana dari bahan cornya lebih kuat serta pengerjaan lebih cepat daripada talud pemasangan batu, “Ungkap Yuli K.Iswahyudi.

Di jelaskan pula untuk pengerjaan pembangunan tersebut di adakan pengalihan saluran di karenakan saluran lama rawan ambrol karena berada di tebing sungai yang bawah dan yang sudah tergerus oleh banjir.
“Sebelumnya saluran rusak dan talud mau roboh, kalau tidak segera di perbaiki nanti kurang lebih 617 Hektar tak bisa untuk mengaliri, yang meliputi 12 Desa. Kita perlebar untuk saluran kurang lebih 1,5 M dan penambahan tinggi talud kurang lebih juga 1,5 M, “Kata Kepala Bidang SDA Senin (6/9/2021).

Masih lanjutnya, “Di harapkan dengan adanya pembangunan peningkatan saluran Dam Ngentep, pendistribusian air untuk mengaliri lahan persawahan warga yang meliputi 12 Desa untuk mengaliri kurang lebih 617 Hektar bisa lancar, serta di harapkan ke depannya para pemanfaat dan warga sekitar juga mau turut andil dalam merawat apa yang telah di bangun pemerintah, dan semoga dalam pengerjaan pembangunan tersebut selesai sesuai rencana, “Tutur Yuli K.Iswahydi mengakhiri pembicaraan. (Iwn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.