PEMDES PRAGAK PARANG ALOKASIKAN DANA DESA BANGUN “SALURAN DAM GEDANGAN”

Magetan, RepublikNews – Guna untuk memperlancar arus air menuju lahan pertanian seluas puluhan hektar, Pemerintah Desa Pragak Kecamatan Parang Kabupaten Magetan Jawa Timur selesai dengan sempurna bangun “Saluran Dam Gedangan” yang dalam penggunaan bersumber dari Anggaran Dana Desa Tahun 2021.

Adapun manfaat pembangunan saluran irigasi tersebut adalah sarana untuk memperlancar aliran air baik di musim kemarau maupun di musim penghujan, serta untuk mencegah adanya luapan air ketika bukan lebat saat musim penghujan tiba.

Seperti halnya yang di sampaikan Kepala Desa Pragak Sutrisno mengatakan, “Pembangunan saluran irigasi Dam Gedangan yang berada di lokasi Dukuh Puhrancang RT 18 RW 05 yang dalam pengerjaan sudah rampung dengan sempurna,dan bersumber dari Anggaran Dana Desa Tahun 2021 sebesar 45 juta rupiah, “Terangnya.

“Panjang volume pembangunan 77 Meter, tujuannya untuk mempermudah serta memperlancar aliran air supaya mengalir secara maksimal di lahan sawah pertanian warga dalam mengelola lahan pertanian, “Ucap Sutrisno saat di temui awak Republik News di kantornya Kamis (19/8/2021).

Masih kata Kepala Desa Pragak, dalam pengerjaan di lakukan secara swakelola yang melibatkan masyarakat setempat, dan proses pengerjaan sesuai rencana.

“Di harapkan seluruh lahan pertanian tidak akan lagi kekurangan air saat musim kemarau melanda, sehingga masyarakat petani dapat dengan baik dan maksimal dalam mengelola lahannya, karena kebutuhan air selama ini sering menjadi kendala, “Kata Sutrisno kepada awak RepublikNews.

Masih lanjutnya, “Kedepan Insyaallah mudah-mudahan akan mampu mendongkrak semangat dan dapat meningkatkan penghasilan pertanian yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan mereka, masyarakat petani”.

Di tempat terpisah hal senada juga di sampaikan Ketua TPK Sukiman yang saat bersamaan di temui awak Republik News mengatakan, “Saya berusaha melaksanakan pembangunan tersebut dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan jangka panjang masyarakat desa, dan Alhamdulillah pengerjaan pembangunan rampung dengan sempurna, “Tuturnya. (Iwn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.