Selalu Buktikan Pelayanan Prima, Pemdes Sumber Kolak Diapresiasi Masyarakatnya

Situbondo, RepublikNews – Dalam upaya memberikan pelayanan yang mudah, cepat, serta memberikan rasa puas seraya meningkatkan kepercayaan masyarakat, Pemerintah Desa (Pemdes) Sumber Kolak, Kecamatan Panarukan, Kabupaten Situbondo, senantiasa berkomitmen serius menggarap penyajian layanan prima kepada warganya. Rabu (30/06/21)

Joko Prasetyo Wibowo (22), penduduk dusun Pareyaan, RT:01 / RW: 01, mengaku merasa sangat diperhatikan serta dipentingkan di dalam kepengurusan pembuatan Surat Pengantar Nikah sebagaimana mestinya dengan baik dan benar.

“Saya mendapat pelayanan yang maksimal ketika mengurus surat pindah nikah di kantor desa Sumber Kolak. Meskipun pihak Kepala Desa siang tadi tidak ditempat, namun dalam prosesnya tetap berjalan lancar tanpa dipungut biaya apapun. Dan terakhir pada saat Kepala Desa dihubungi via telepon, untuk dimintai tanda tangan, beliau merespon keberadaan nya serta langsung membubuhkan tanda tangan ketika ditemui.” Terang Joko kepada awak media selang menjumpai Kadesnya sewaktu isoma (istirahat, makan, sholat)

Ia kembali melanjutkan, “Dengan kontribusinya yang demikian, itu sangat membantu kepentingan saya ketika dihadapkan kepada urusan administrasi kependudukan yang membutuhkan waktu mepet ataupun jlimet dan itu dapat teratasi melalui optimalisasi pelayanan kepada masyarakat. Kenyamanan yang saya rasakan, dalam upaya Pemdes memberikan pelaksanaan pelayanan, merupakan poin yang telah Pemdes utamakan.” Imbuhnya.

Menurut pantauan wartawan, pelayanan apik yang sudah terealisasikan terhadap warganya tersebut, patut menjadi contoh untuk Pemdes lainnya. Hal itu dilakukan, agar dapat terhindar dari keluhan masyarakat dan warga yang berkepentingan, semakin berempati kepada Pemerintahan Desanya. Sehingga, ketika mereka memerlukan akses segala kebutuhan, urusan dan kepentingan, masyarakat bisa mendapat dan merasakan akan manfaatnya.

Senada dengan yang diungkapkan Guntur, lelaki (46) penduduk dusun Trebungan mengatakan, “Selama Pemerintahan Kades Sukarto, desa Sumber Kolak ini pernah di audit oleh Pemda dan selanjutnya menjadi desa percontohan nomor 1 di wilayah Kabupaten Situbondo secara manajemen di pengelolaan desa. Sehingga saya sangat bangga terhadap Pemdes Sumber Kolak tersebut. Sebagai warga desa, saya telah merasakan jenis pelayanan disini semua gratis. Sumber Kolak memang desa idaman (Indah, Damai, Aman dan Beriman).” Jelas Guntur yang gemar mengucap slogan Yamaha Selalu di Depan tersebut.

Ia mengimbuhkan, “Selain itu, pembangunan jalan di desa Sumber Kolak sudah cukup bagus. Gang-gang telah di paving semua. Lampu penerangan jalan terang benderang tiap malamnya. Keberadaan desa ini selalu kondusif. Pernah mendapatkan musibah banjir di tahun 2008, namun dalam musibah tersebut Kades Sukarto sedemikian tanggap. Semua jenis pelayanan atau keluhan warga desa Sumber Kolak selalu teratasi.” Beber karyawan Yamaha itu, yang berdomisili selama 21 tahun tersebut di desa Sumber Kolak memberikan keterangan.

Kades Sumber Kolak, Sukarto

Saat dikonfirmasi awak media, terkait pembangunan selama menjabat dan kendala desa, Kades Sukarto menuturkan, “Kendala di desa pasti ada saja mas, namanya manusia. Namun Alhamdulillah, yang terjadi bisa teratasi dan tentu akan menjadi motivasi desa untuk melakukan perbaikan serta perubahan dalam meningkatkan fasilitas pelayanan. Tahun 2019 kemarin, desa ada program PTSL dan hampir 3.000 warga yang ikut daftar. InshaAllah semuanya lancar. Untuk bantuan sosial RTLH tiap tahun nya kami anggarkan. Karena desa Sumber Kolak luas, maka belum selesai tergarap semuanya. Cuman tiap tahun nya sudah saya selenggarakan.” Tutupnya singkat dengan senyum penuh rendah hati.

(Agung Biro Situbondo)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.