Menggandeng Kodim Batalyon A516, Jajaran Lapas Pamekasan Adakan Pemeliharaan dan Perawatan Senjata api

Pamekasan, RepublikNews – Seluruh jajaran keamanan dan ketertiban lembaga pemasyarakatan kelas IIA pamekasan melakukan kegiatan pemeliharaan dan perawatan Senjata api dengan menggandeng Kodim Batalion A516/Pamekasan sebagai tutor / instruktur. Kamis,24 Juni 2021.

Kegiatan ini dilaksanakan selain sebagai implementasi sinergitas antara Lapas Pamekasan dan TNI juga sebagai wadah Capacity Building khususnya untuk petugas pengamanan.

 

Karena kegiatan ini masih merupakan dasar atau tahap awal,maka materi yang diberikan adalah mengenai praktik pengamanan,perawatan dan pemeliharaan serta penyimpanan senjata.

Sedangkan untuk praktik penggunaannya direncanakan pada kegiatan berikutnya yang akan diagendakan lebih lanjut.

Pada hakikatnya, Merawat senjata dengan benar merupakan keharusan bagi setiap pengguna senjata api, dan untuk menghasilkan efektifitas yang optimal.

Pada saat melakukan perawatan adalah kesempatan terbaik untuk memeriksa komponen senjata untuk menghindari konsekuensi yang merusak jika terjadi malfungsi/macet pada saat digunakan.

Karena sebagaimana amanah yang disampaikan oleh Kalapas, “Semaksimal mungkin kita optimalkan pembinaan melalui pendekatan yang humanis kepada WBP akan tetapi haram hukumnya jika sampai terjadi ketidakmampuan petugas dalam menggunakan senjata dan atau terjadi kemacetan/kerusakan pada senjata saat kondisi darurat / emergency khususnya dalam hal gangguan keamanan dan ketertiban.” (Nif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.