BIRUMAS BKKBN Gelar Forum Koordinasi Jurnalis & Penyerahan Penghargaan Program Bangga Kencana Tahun 2021

Jakarta, RepublikNews – Biro Umum dan Humas (Birumas) Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menyelenggarakan Forum Koordinasi Jurnalis dan Penyerahan Penghargaan Pemberitaan Terbanyak Program Bangga Kencana Tahun 2021. Rabu (23/6/2021) di ruang NKKBS Kantor BKKBN Jalan Permata 1, Jakarta.

Acara dibuka oleh Kepala BKKBN, dr.Hasto Wardoyo, SP.OG (K), diwakili oleh Plt. Deputi Bidang Keluarga Sejahtera dan Pemberdayaan Keluarga (KS-PK), Dr.Drs. Lalu Makripuddin, M.Si., didampingi Kepala Birumas, Drs.Putut Riyatno, M.Si., dan pranata Humas, Drs.Ade Anwar, M.Si.

Acara dihadiri secara virtual oleh para pranata Humas BKKBN Perwakilan 34 Provinsi, antara lain Pranata Humas BKKBN Jawa Timur, Iwan Yulianto, S.Pd., M.Si, dan para jurnalis yang hadir secara daring dan luring. Tampak hadir secara langsung Pimpinan Redaksi Media Online Sindikat Post, Dedik Sugianto.

Ade Anwar kesempatan itu menerangkan kegiatan yang diadakan rangkaian dari Harganas yang diperingati setiap tanggal 29 Juni 2021.

“Salah satu rangkaian Harganas dengan memberikan Apresiasi dan penghargaan kehumasan bagi pengelola kehumasan di kantor Perwakilan BKKBN Provinsi, dan media massa di seluruh Indonesia yang telah gigih menyebarluaskan  informasi terkait Program Bangga Kencana dan membangun citra positif BKKBN,” ungkap Ade.

Sementara, Lalu Makripuddin menerangkan bahwa selain Stunting, BKKBN mendapat tugas baru dari Presiden, yakni penanganan ibu hamil terpapar Covid ,dan anak /balita terpapar Covid.

“BKKBN semakin dipercaya berkat pencitraan dari pranata humas pusat dan provinsi. Suatu instansi dipercaya dari bagaimana humas mencitrakan keberadaan lembaga, pihak luar membaca dan timbul kepercayaan kepada BKKBN,” ungkap Lalu.

Lalu menerangkan bahwa Humas harus melakukan beberapa poin penting, pertama, Humas harus menjaga hubungan baik dengan pihak luar atau masyarakat.

“Kedua adalah menjaga hubungan harmonis dengan jurnalis /wartawan di semua media online cetak elektronik. Kegiatan banyak tidak diekspos tentu ini katak dalam tempurung. Tidak didengar oleh pihak lain,” urainya.

“Hari ini adalah salah satu upaya harmonis Biro Humas dengan wartawan. Kita beri penghargaan wartawan dalam rangka peringatan Hari Keluarga Nasional ke 28, dan di peringati setiap tanggal 29 Juni,” terangnya.

Dalam puncak acara, panitia mengumumkan peraih predikat penghargaan kepada kantor Perwakilan BKKBN Provinsi dalam hal ini pengelola Humas atau Pranata Humas terkait Pemberitaan Terbanyak Program Bangga Kencana, dan penghargaan kepada Media Massa baik cetak dan online dalam hal pemberitaan Terbanyak Periode 1 Mei 2020 hingga 31 Mei 2021.

Dalam Penghargaan Pemberitaan Terbanyak, Perwakilan BKKBN Provinsi dibagi 3 Wilayah, yakni, Perwakilan BKKBN Provinsi  Wilayah Barat, Wilayah Tengah, dan Wilayah Timur. Sedangkan penghargaan Media Cetak dan Online dibagi 4 Kategori, Media cetak nasional, Media cetak lokal, Media online nasional dan Media online lokal.

Untuk Perwakilan BKKBN Provinsi dalam pemberitaan Terbanyak di wilayah Barat, Nomor 1 diraih Perwakilan BKKBN Jawa Timur, di ikuti Jawa Barat, dan Kalimantan Barat. Sedangkan untuk pemberitaan terbanyak di Media online lokal, nomor 1 adalah Sindikat Post, diikuti Antara Sultra, dan Antara Kalbar.

Berikut Nomor urut Penghargaan Pemberitaan Terbanyak Program Bangga Kencana yang diraih Perwakilan BKKBN Provinsi.

Wilayah Barat.

1. Perwakilan BKKBN Jawa Timur.

2. Perwakilan BKKBN Jawa Barat.

3. Perwakilan BKKBN Kalimantan Barat.

Wilayah Tengah.

1. Perwakilan BKKBN Sulawesi Tengah.

2. Perwakilan BKKBN Sulawesi Selatan.

3. Perwakilan BKKBN Bali

Untuk Indonesia Timur yang masuk nominasi hanya Perwakilan BKKBN Maluku, dan Perwakilan BKKBN Maluku menjadi nomor 1 dalam pemberitaan terbanyak di Indonesia Timur.

Berikut urutan Pemberitaan Terbanyak dalam kategori Media Online Nasional, Media Online Lokal, Media Cetak Nasional dan Media Cetak Lokal.

Media Online Nasional :

1. Liputan6.com

2. Republika.co.id

3. Antara news.com

Media online Lokal :

1. Sindikatpost.com

2. Antara Kalbar.

3. Antara Sultra.

Media Cetak Nasional:

1. Media Indonesia

2. Kompas.

3. Republika,

Media Cetak Lokal:

1. Kedaulatan Rakyat.

2. Pontianak Post.

@red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.