Hippa Desa Paringan Ponorogo Bangun Saluran Irigasi Program P3TGAI

Ponorogo RepublikNews – Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) Tahun 2021 yang ada di wilayah Kabupaten Ponorogo Jawa Timur. Termasuk Kecamatan Jenangan sendiri, ada lima desa yang mendapatkan program tersebut. Salah satunya di Desa Paringan yang mendapatkan kucuran dana dari BBWS Bengawan Solo sebesar Rp 195 juta rupiah.

Program yang sengaja di peruntukan,dan sangat penting dalam rangka peningkatan perekonomian produksi pangan para petani, juga sebagai upaya menjaga ketersediaan pengairan irigasi untuk pertanian persawahan warga desa, dalam mengelola lahan pertanian guna mendukung program ketahanan pangan nasional.

Seperti yang di utarakan Suwendi,SH selaku Kepala Desa Paringan di kantornya mengatakan, bahwa pembangunan jaringan irigasi dari program tersebut bertujuan untuk meningkatkan produktivitas pertanian dan menjaga ketersediaan air di areal persawahan warga, “Ungkapnya saat di temui awak Republik News di kantornya Selnin (14/6/2021).

“Lokasi penkerjakan di Dukuh Bagusan, dengan volume panjang 307 meter, dilaksanakan swakelola oleh anggota Hippa yang dalam pengerjaan sudah 80%, dan semua sesuai dengan gambar pelaksanaan, “Ungkap Suwendi, SH.

Masih kata Kepala Desa, “Di harapkan ke depannya dengan adanya saluran irigasi ini, nantinya akan memudahkan para petani dalam mengakses air irigasi pada masa tanam “.

“Semoga pengerjakan cepat terselesaikan, supaya para petani bisa merasakan manfaatnya, dan tak luput kami mewakili Pemerintah Desa menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat maupun Daerah, karena dengan adanya bantuan P3TGAI masyarakat petani merasa terbantu, dan di harapkan di musim kemarau kebutuhan air tidak ada kendala supaya pengairan bisa lancar dan hasil petani bisa meningkat, “Harapnya mengakhiri pembicaraan dengan awak RepublikNews.
(Iwn)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.