Hippa Gemah Ripah Karang Patihan Bangun Saluran Irigasi Dari Program P3TGAI 2021

Ponorogo, RepublikNews – Tahun 2021 Program Percepatan Peningkatan Tata Guna Air Irigasi (P3TGAI) yang tersebar di beberapa wilayah Kabupaten Ponorogo Jawa Timur.

Kecamatan Pulung, ada sepuluh desa yang mendapatkan program tersebut. Salah satunya di Desa Karang Patihan yang mendapatkan kucuran dana dari BBWS Bengawan Solo sebesar Rp 195 juta rupiah.

Sebagaimana diketahui program yang bertujuan untuk sarana dan upaya peningkatan ekonomi serta kesejahteraan masyarakat, khususnya petani yang dalam mendukung ketahanan pangan nasional.

Di dusun Selodono lokasi pengerjaan saluran irigasi di bangun, yang dalam pemanfaatan mengairi sekitar 30 Hektar.

Seperti yang di utarakan Ketua Hippa “Gemah Ripah” Jemikun yang mengatakan, pembangunan saluran irigasi ini bantuan dari pemerintah melalui program P3TGAI, yang pemanfaatan nantinya akan mengairi sekitar 30 Hektar, “Ungkapnya saat di temui awak RepublikNews di kantornya Rabu (9/6/2021).

“Panjang volume kiri kanan 270 meter, di laksanakan secara swakelola oleh anggota Hippa, yang dalam pengerjaan sudah 75% dan di kerjakan sesuai gambar pelaksanaan, “tutur Jemikun.

Masih kata ketua Hippa, “semoga dalam pengerjaan cepat selesai supaya masyarakat petani nantinya bisa merasakan manfaatnya dalam mengakses air irigasi dan mengelola lahan tanpa kesulitan dalam hal pengairan “.

Di akhir pembicaraan Jemikun juga menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Pusat maupun Daerah, karena dengan adanya bantuan P3TGAI masyarakat petani merasa terbantu, dan di harapkan di musim kemarau kebutuhan air tidak ada kendala supaya pengairan bisa lancar dan hasil petani bisa meningkat. (Iwan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.