Aminah Hadi Ajak Warga Dukung Pengembangan Gerai Dekranasda

Probolinggo, RepublikNews – Ketua Harian Dekranasda Kota Probolinggo Aminah Hadi Zainal Abidin berkenan mengunjungi Gerai Dekranasda yang beralamat di Jalan Ahmad Yani No. 103 (eks kantor Dinas Kelautan dan Perikanan), Kamis (27/5).

Kunjungannya kali ini untuk membeli salah satu tempat pemasaran produk pelaku usaha kerajinan di Kota Probolinggo yang merupakan inisiasi dari Aminah Hadi yang juga merupakan Ketua Tim Penggerak PKK Kota Probolinggo.

Dalam arahannya, ia menyatakan bahwa gerai itu menjadi salah satu tempat oleh-oleh bagi masyarakat atau meningkat yang berkunjung ke Kota Probolinggo.

Gerai ini dibuka mulai jam 8 pagi sampai jam 3 sore setiap harinya. Kami buka tiap hari kerja, ”katanya.

Adapun berbagai macam produk yang dijual terdiri dari produk kerajinan khas kota, produk makanan dan minuman seperti pokak, rengginang, olahan ikan, kerajinan perca, kerajinan bahan kayu, kerajinan tangan, sulam lukis, rajutan, bordir, batik dan lainnya.

Tak hanya Gerai Dekranasda, Aminah menyebut, ada pula gerai mandiri milik pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang terkenal di wilayah kota. “Tepatnya ada sekitar dua puluh tiga gerai mandiri,” ucapnya.

Ia berharap, keberadaan gerai Dekranasda dan galeri lainnya akan terus berkembang dan mendulang sukses. Sehingga ke depan, pemasaran produknya akan lebih maksimal. Dan pada akhirnya bisa membantu kesejahteraan para UMKM, khususnya di Kota Probolinggo.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan keberadaan Gerai Dekranasda dalam memenuhi kebutuhan oleh-oleh khas Kota Probolinggo. “Ayo semua warga Kota Probolinggo, bela dan beli produk IKM (Industri Kecil Menengah, red), UKM (Usaha Kecil Menengah, red) Kota Probolinggo. Nggak usah kemana-mana, cukup beli di Gerai Dekranasda saja, ”ajaknya.

Selain itu, menurut Aminah, di tahun ini juga akan dibangun Galeri Dekranas di Alun-alun Kota Probolinggo yang saat ini sudah memasuki tahap lelang.

“Kami juga akan bangun di kawasan TWSL. Semoga tidak ada halangan di masa pandemi ini. Saya mohon doa restunya dari semuanya, ”pintanya.

Gerai Dekranasda turut didukung oleh 20 kelompok UMKM Kota Probolinggo dengan total sebanyak 109 pelaku usaha. Ada 220 macam produk yang dijual, setelah sebelumnya hanya sekitar 150 macam produk yang dijual, sejak pembukaan gerai pada 5 April lalu.

Reporter : Atman, Kabiro Probolinggo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.