Bersama Forkopimda, Kapolres Lumajang Sambut Kunjungan Gubernur Jatim

Lumajang, RepublikNews – Kepala Kepolisian Resor Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno turut hadir bersama jajaran Forkopimda menyambut kedatangan Gubernur Jawa Timur ra. Hj. Khofifah Indar Parawansa, M.Si.

Kedatangan Gubernur Jatim didampingi Pangdam V/Brawijata . Mayjen TNI Suharyanto, S.Sos.M.M, Kapolda Jatim Irjen Nico Afinta, Sekda Provinsi Jatim Ir. Heru Tjahyono.

Gubernur Jawa Timur bersama rombongan tiba di rumah kediaman Tokoh NU Kecamatan Pronojiwo Hasan Said disambut Bupati Lumajang H. Thoriqul Haq, M.ML, Kapolres Lumajang . AKBP Eka Yekti Hananto Seno, SIK.M.Si, Dandim 0821 Lumajang etkol Inf Andi Andriyanto Wibowo, S.Sos.M.I.Pol dan Dandim 527/BY Letkol Inf  Alexander Tarangta PA.

Kegiatan tersebut untuk meninjau lokasi terdampak bencana alam gempa bumi di Kabupaten Lumajang.

Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa mengatakan pihaknya bersama Kapolda, Pangdam dan Bupati Lumajang langsung melakukan peninjauan secara langsung daerah terdampak gempa seperti di Kabupaten Lumajang.

“Kami ingin melakukan peninjauan secara langsung bagaimana percepatan penanganan pasca gempa bisa kita pastikan semua berjalan dengan baik,” Ujarnya.

Gubernur Jatim menyampaikan kepada Bupati Lumajang Thoriqul Haq dan warga terdampak di Lumajang, bahwa ada bantuan BNPB rumah rusak berat 50 Juta,  rusak sedang 24 juta, dan rusak ringan 10 juta.

“Ini menunggu percepatan verifikasi data dari masing-masing daerah, berikutnya sambil menunggu rumah itu selesai dibangun,” terang Khofifah.

Ia menambahkan, Pemerintah akan membantu dana sebesar Rp. 500.000,- per bulan dan per KK untuk biaya menyewa rumah bagi korban bencana yang rumahnya rusak.

“Kami menghimbau kepada masyarakat harus selalu waspada terhadap gempa-gempa susulan, cari tempat yang aman apabila ada gempa susulan,” imbuhnya.

Namun ketika ditanya keterkaitan dengan rencana trauma healing bagi korban bencana gempa akan di koordinasikan dengan Kodim dan Polres.

Sementara itu, Paur Subbag Humas Polres Lumajang Ipda Andrias Shinta mengatakan, Kunjungan Forkopimda Jatim dalam rangka meninjau lokasi terdampak bencana alam gempa bumi di Kabupaten Lumajang yang terjadi pada tanggal 10 April 2021 pukul 14.00 WIB.

“Kegiatan Kunjungan Forkopimda Jatim bertujuan untuk mengetahui secara langsung dampak dan korban bencana alam di Kabupaten Lumajang serta memberikan dukungan moril bagi warga yang terdampak dari bencana alam,” jelasnya.

Reporter : Atman, Kabiro Lumajang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.