Bersama Bupati dan Dandim 0821, Kapolres Lumajang Terima Kunjungan Mensos RI 

Lumajang, Republiknews -Kapolres AKBP Eka Yekti Hananto Seno bersama Bupati Thoriqul ahaq dan Dandim 0821 Lumajang Letkol Inf Andi A. Wibowo,  menerima kunjungan Mensos RI Tri Rismaharini.

Menteri Sosial Tri Rismaharini tiba di Tempursari pada Minggu (11/4/2021) dini hari sekitar pukul 01.00 sampai 03.00 WIB. Tiba dilokasi, Mensos RI langsung mendatangi lokasi terdampak gempa bumi di Dusun Iburaja dan Halimo Desa Kaliuling Kecamatan Tempursari Kabupaten Lumajang.

Kapolsek Tempusari AKP Tony Supartono melalui Paur Subbag Humas Ipda Andreas Shinta mengatakan, dalam kegiatan tersebut, Mensos RI didampingi Kapolres bersama unsur forkopimda meninjau langsung lokasi pasca bencana gempa bumi di Kecamatan Tempursari.

“Ada dua titik yang dikunjungi Mensos RI pertama Dusun Iburaja dan Halimo Desa Kaliuling Kec Tempursari,” ujarnya.
Selain itu. Mentri Sosial Tri Rismaharini memberikan bantuan kepada warga yang terdampak gempa bumi 6,7 SR.

“Bu Risma memberikan sumbangan makanan mie instan 200 dos , telor ayam 50 krat, beras 2 ton, minyak goreng 500 ltr, Susu beruang 1 krat,” Ujar Shinta.
Dalam kunjungan Mensos RI meminta agar segera melakukan evakuasi terhadap warganya yang tinggal di sekitar tebing.

Apalagi di wilayah tersebut merupakan daerah pegunungan yang dikhawatirkan terjadi tanah longsor apabila terjadi gempa susulan.

“Sebaiknya memang kita di luar karena rumah di bawah tebing tidak memungkinkan untuk ditempati, karena takutnya nanti akan terjadi gempa susulan. Tempursari menjadi kecamatan terparah akibat gempa bumi bermagnitudo 6,7 SR dan terkoreksi 6,1 SR. Data sementara yang berhasil dihimpun oleh petugas gabungan bahwa tercatat 428 rumah rusak. Kami akan sampaikan ke bapak Presiden terkait pembangunan rumah yang rusak,” ujar mensos.

Bu Risma menyampaikan bahwa tenda-tenda pengungsian dan dapur umum segera didirikan untuk mengevakuasi warga terdampak.

Ia meminta agar segera dilakukan pemutakhiran data warga terdampak untuk mempermudah pendistribusian bantuan.

“Untuk saat ini apa yang bisa diselamatkan sebaiknya diselamatkan dan orangnya agar segera mengungsi pindah di lapangan dan besok akan segera saya dukung,” tegas Risma
Komentar bupati

Sementara itu Bupati Lumajang Thoriqul Haq menyampaikan bahwa saat bencana alam seperti ini perlu sinergisitas lintas sektor agar penanganan bencana alam dapat optimal.

Ia menunjuk Dandim 0821/Lumajang sebagai koordinator bantuan dan Kapolres Lumajang sebagai koordinator lapangan penanganan bencana alam gempa tersebut.

“Mari kita bersama sama bekerja dengan penuh semangat pada penangan bencal ini agar masyarakat kembali normal. Malam ini kita istirahat dan mulai besok pagi kita action dalam penanganan bencana alam ini,” tuturnya.

Reporter : Atman, Kabiro Lumajang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.