PERINGATI HAS-29 “FORKOPIMDA KABUPATEN MADIUN” TANAM RIBUAN POHON AKAR WANGI

Madiun, RepublikNews – Bentuk upaya dalam tanggap bencana sekaligus membangun pengetahuan masyarakat, dan juga memperingati hari air sedunia yang ke-29 tahun 2021, forkopimda kabupaten Madiun, Jawa Timur laksanakan giat penanaman akar wangi yang bertempat di desa Cermo, Kecamatan Kare , Kabupaten Madiun, Jawa Timur , yang berlokasi di lahan rawan longsor kritis Sendang Tirto Desa Cermo. Senin, 22/03/2021.

Mitigasi bencana merupakan serangkaian upaya tanggap darurat bencana, baik melalui pembangunan fisik maupun penyadaran dan peningkatan kemampuan menghadapi ancaman bencana, sehingga lingkungan menjadi aman dan nyaman untuk masyarakat .

Tanaman Akar wangi / Vetiver memang terkenal mampu melindungi tanah dari erosi dan toleran terhadap kekeringan. Tumbuhan monokotil ini pun memiliki akar yang dalamnya mencapai lima meter lebih , tahan cuaca ekstrem, api, dan cocok ditanam untuk keseimbangan alam pada lahan miring.

Penanaman 7000 polybag akar wangi dipimpin langsung oleh Bupati Madiun Ahmad Dawami Ragil Saputro, Wakil Bupati Hari Wuryanto didampingi Kalaksa BPBD Kabupaten Madiun M Zahrowi, Kapolres Madiun AKBP R Bagoes Wibisono, Dandim 0803/Madiun Letkol Inf Edwin Charles, dan seluruh komponen mitigasi bencana Kabupaten Madiun.

Pada kesempatan H. Ahmad Dawami Ragil Saputro Bupati madiun menjelaskan sebagai langkah preventif pihak akan terus mengembangkan penanaman Akar wangi/vetiver di seluruh wilayah di kabupaten madiun yang khususnya wilayah yang rawan kan bencana tanah longsor , di daerah pegunungan maupun di daerah tepi sungai,” jelasnya.

Di harapkan ke depan langkah ini bisa menjadi upaya kesiagaan dalam mitigasi bencana yang berada di kabupaten Madiun khususnya, apa lagi di desa Cermo ini nantinya akan menjadi sentra budi daya tanaman akar wangi kedepannya. (Mak’ Ni)

 84 total views,  6 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.