Bupati Resmikan Proyek Rehabilitasi Sarana Air Bersih Bantuan Hibah Jepang

Pacitan, RepublikNews Bupati Indartato meresmikan Proyek Rehabilitasi Sarana Air Bersih Desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung program kerjasama dengan Negara Jepang. Bantuan hibah senilai lebih dari Rp.1 milyar itu diserahkan langsung perwakilan pemerintah Negeri Sakura, Konjen Jepang di Surabaya Mr. Tani Masaki kepada Bupati Pacitan secara virtual.

“Mewakili masyarakat saya sampaikan terima kasih atas segala bantuan karena ini sangat bermanfaat untuk masyarakat”, kata Bupati, beberapa hari yang lalu.

Bupati Indartato berharap kerjasama ini terus berlanjut dan lebih berkembang untuk masyarakat yang membutuhkan sarana serupa. Apalagi, jika melihat fakta belum memadainya kebutuhan air bersih atau air baku masyarakat. Menurutnya, masih ada sekitar 35 persen warga Pacitan yang kesulitan air bersih terutama saat kemarau .

“Kami berharap fasilitas ini dapat memberi manfaatnya kepada masyarakat untuk menikmati air bersih”, kata Konjen Jepang di Surabaya Mr. Tani Masaki.

Mr. Tani Masaki menegaskan bahwa kerjasama ini merupakan etikat baik pemerintah Jepang sebagai wujud hubungan baik diantara kedua negara. Dia juga sampaikan rasa terimakasih atas dukungan semua pihak termasuk kepada Wahana Anak Bangsa Peduli Indonesia Maju (Wabpim) atas kerja kerasnya menjembatani proyek sanitasi ini

Proyek Rehabilitasi Sarana Air Bersih Desa Sidomulyo dimulai sejak Januari hingga Agustus 2020. Meski sempat molor akibat sulitnya medan dan pandemi covid 19 namun pekerjaan bisa selesai sesuai tahapan. Dengan panjang instalasi 9.286 meter dari titik sumber utama fasilitas ini diproyeksikan untuk memenuhi kebutuhan air bersi 4.345 jiwa. Untuk pengelolaan sendiri diserahkan kepada kelompok masyarakat serta Himpunan Penduduk Pengelola Air Minum (Hippam) setempat. (Pri)

 42 total views,  6 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.