Kapolres Bersama Dandim 0821 Lumajang Cek Penerapan Prokes Di Lingkungan Ponpes

Lumajang, RepublikNews – Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si bersama Dandim 0821 Lumajang melaksanakan pengecekan penerapan protokol kesehatan di Ponpes Miftahul Ulum alamat Jl. Raya Banyuputih Kidul, Dsn. Krajan I, Ds. Banyuputih Kidul, Kec. Jatiroto Kab. Lumajang, Rabu (10/2/2021) pukul 13.20 Wib.

Kegiatan tersebut diikuti dan dihadiri Pengasuh Ponpes Miftahul Ulum, KH. Husni Zuhri, Dandim 0821, Letkol Inf Andi A. Wibowo, S.Sos., M.I.Pol, Kapolres Lumajang, AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K.,M.Si, Danramil 0821/12 Jatiroto, Kapten Arm Aji Joyo Kumoro, Kapolsek Jatiroto, AKP Rudi Isyanto, S.H., Kepala Dinas Kementerian Agama Kab. Lumajang, Sdr. Dr. Ahmad Musta’in Billah, S.Ag., M.Pdi., Kasi Depag Kab. Lumajang, Sdr.  Mohammad Wachid, S.Ag., Kasat Binmas Polres Lumajang, AKP Totok Sudarsono. dan Dan Unit Intel Dim 0821, Letda Inf Poniran.

Kegiatan pengecekan protokol kesehatan ini diawali dengan silaturahmi dahulu, Kapolres Lumajang dan Dandim 0821 Lumajang menyampaikan maksud dan tujuannya berkunjung ke Ponpes Miftahul Ulum.

Pihak Ponpes Miftahul Ulum pun menyambut baik kedatangan rombongan dalam rangka pengecekan penerapan protokol kesehatan di lingkungan pondok pesantren dan rombongan langsung diarahkan menuju Poskestren untuk melihat dan mengecek sarana dan fasilitas pelayanan kesehatan khusus santri Laki laki dilanjutkan melihat fasilitas Poskestren asrama Putri dengan didampingi pengasuh Ponpes Miftahul Ulum, KH. Husni Zuhri.

KH. Husni Zuhri mengatakan bahwa poskestren yang merupakan singkatan dari pos kesehatan pesantren ini ada petugas khusus yang berjaga, poskestren ini bersifat preventif.

“Poskestren ini bersifat preventif, menjaga kesehatan santri jangan sampai sakit, jika sakit pun dilakukan pertolongan awal, selanjutnya tetap dibawa ke rumah sakit atau puskesmas terdekat” tuturnya

Setelah mengecek poskestren rombongan menuju lokasi gedung asarama putri dan dilanjutkan dengan melihat sarana serta prasarana kelas tempat proses belajar mengajar santri wanita.

Kapolres Lumajang mengatakan bahwa ruang proses belajar mengajar cukup bersih, alas kaki berada diluar, ada fasilitas cuci tangan dan handsanitizer dan duduknya pun jaga jarak.

Rombongan selanjutnya menuju ke ruang Fasilitas Laundry khusus pelayanan untuk santriwati dan Mahasiswi Miftahul Ulum Pengasuh Ponpes mengatakan bahwa ada petugas khusus yang melaundry pakaian santri, keluar dari mesin cuci langsung kering, ada mesin pengering jadi tanpa dijemur, cukup rapi dan higienis.

Di Ponpes Miftahul Ulum pun terdapat Tandon air bantuan Sarana dan Prasarana air bersih melalui sumur bor bantuan dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Prov. Jawa Timur, ini untuk mencukup kebutuhan air bersih semua penghuni Ponpes.

Kapolres Lumajang AKBP Eka Yekti Hananto Seno, S.I.K., M.Si mengatakan bahwa pengecekan penerapan protokol kesehatan ini terus dilakukan di semua lembaga dimana di lembaga tersebut terdapat banyak orang setiap harinya.

“Kegiatan Penerapan protokol kesehatan ini bertujuan sebagai tindakan preventif yang bertujuan untuk mencegah penularan virus Covid-19 pada lingkungan sekolah/Pondok Pesantren agar dalam pelaksanaan proses belajar dan mengajar bisa beraktivitas secara aman dan tidak membahayakan keamanan atau kesehatan orang lain” pungkasnya.

Reporter : Atman, Kabiro Lumajang

 62 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.