Dinkes Tuban Kawal Pemberian Vaksin Dosis Pertama Terhadap Bupati Tuban

Tuban, RepublikNews.

Bertempat dikediamannya , Bupati Tuban H. Fathul Huda menerima Vaksinasi dosis pertama , Proses vaksinasi dilakukan tim dari Dinas Kesehatan dan Puskesmas Tuban. Jumat.12/02/2021.

Sebelumnya , Wakil Bupati Tuban, Ir. H. Noor Nahar Hussein, M.Si., menerima vaksin Covid-19 di ruang kerjanya, Selasa (09/02/2021) lalu.

Baca Juga :

Terima Vaksin Covid-19.Wabup Tuban Apresiasi Dinkes Tuban Yang Mengkoordinir Petugas Vaksinasi Yang Profesional.

juru bicara Satgas Covid-19 Tuban, Hj. Endah Nurul Khomarijati, mengungkapkan, Bupati Tuban hari ini sudah menerima vaksinasi dosis pertama, dan untuk dosis kedua nanti akan diberikan setelah 28 hari sejak penyuntikan dosis pertama ini.

“Untuk dosis kedua nanti setelah 28 hari sejak penyuntikan dosis pertama , tepatnya pada tanggal 12 Maret 2021.” terang Endah.

Endah Nurul menerangkan, Bupati Fathul Huda baru bisa menerima vaksin dikarenakan semula vaksin jenis Sinovac hanya diperbolehkan untuk usia 18 sampai 59 tahun. Kemudian pada Minggu .07/02/2021 kemarin dari Kementerian Kesehatan berserta Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah menerbitkan izin penggunaan darurat atau Emergency Use Authorization (EUA) terhadap vaksin Sinovac untuk masyarakat usia di atas 60 tahun, maka Dinas Kesehatan langsung bergerak.

“Dari situ maka kami langsung mulai melakukan vaksinasi dan Alhamdulilah yang pertama kali mendapatkan adalah Wabup pada hari Selasa (09/02/2021) dan kepada bapak Bupati karena kesibukannya maka hari ini baru bisa kami berikan vaksinasi.” jelasnya

Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini juga menambahkan bahwa proses vaksinasi tahap pertama di Kabupaten Tuban sampai hari ini sudah hampir 100 persen.

“Tinggal beberapa lagi, besok sisanya akan kita lakukan vaksinasi di Puskesmas Tuban untuk Nakes yang berusia diatas 60 tahun, dan mulai hari senin kita sudah bersiap untuk vaksinasi dosis kedua untuk Nakes dan Non Nakes.” ungkap Endah.

Sementara itu , Bupati Fathul Huda kepada awak media menyampaikan bahwa vaksin Covid-19 jenis Sinovac aman dan tidak terjadi apapun pasca penyuntikan.

“Alhamdulillah, hari ini saya mendapat giliran divaksin, setelah di vaksin tidak terasa apa-apa, dan yang kita harapkan vaksin ini mempunyai hasil yang bagus.” katanya.

Bupati Huda juga tidak lupa mengajak masyarakat untuk taat dan tidak takut untuk mengikuti vaksinasi Covid-19 terutama para lansia.

“Vaksin jenis Sinovac ini sudah ada rekomendasi untuk digunakan pada lansia, maka bagi semua masyarakat yang usianya diatas 60 tahun tidak usah khawatir mengikuti vaksinasi kalau sudah ada gilirannya.” pesan Fathul Huda.(@nt).

 

 

 84 total views,  2 views today

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.