Kembangkan Varietas Buah Lokal, Bupati Anas Kunjungi Kebun Warga Kalipait

Banyuwangi, RepublikNews – Desa Kalipahit Tengah dikenal memiliki sumber daya genetik buah lokal yang melimpah, diantaranya jeruk, buah naga,  Guna mengangkat varietas buah lokal khususnya tanaman buah Naga dan jeruk, Pemerintah Kabupaten Banyuwangi Tengah saat ini sedang berkunjung untuk mengidentifikasi dan mencari jenis tanaman buah lokal yang masih dibudidayakan oleh masyarakat untuk kemudian dapat dikembangkan secara vegetatif.

Bahkan pada hari ini, Minggu (24/01) Bupati Abdul azwar Anas Menyempatkan diri melakukan kunjungan kerja ke kebun warga untuk melihat secara langsung di kebun buah naga yang berada di Kampung Purworejo desa kalipait Kecamatan Tegal Delimo yang direncanakan nantinya dapat dijadikan sebagai Desa Agrowisata.

Dalam kunjungannya ke Kampung Purworejo Desa Kalipait Kec. Tegal Delimo kedatangan Bupati diterima oleh kepala desa kalipahit dan  pemilik kebun, Di sela-sela kunjungan bupati tersebut, dia mengajak berkeliling dan menunjukan salah satu dari Dua tanaman buah naga. “Beliau (bupati) sangat senang dan menyarankan kami, agar merawat dan memelihara tanaman buah naga.

“Hari ini kami di dampingi istri calon Bupati Banyuwangi berikutnya  Kepala SKPD banyuwangi Dinas Pertanian.PU dan Pengairan  Tengah melihat secara langsung salah satu kebon tanaman buah naga di yang saat ini sudah sangat terkenal kita di daerah kita, Oleh karena itu, nantinya kita akan melakukan langkah-langkah strategis untuk melestarikan buah naga dan jeruk ini di desa tersebut”, kata Anas.

Dalam kunjungan kerja yang juga didampingi oleh Koordinator Pengawas pertanian Azwar Anas berjanji akan menyampaikan hasil peninjauan kedua jenis tanaman buah ini untuk bisa lebih berkwalitas lagi agar bisa bersaing di daerah kabupaten lain tegasnya”.

Di tempat lain kepala Desa kalipahit Supriyono mengatakan kepada media ini “sangat senang sekali kunjungan Bupati Banyuwangi minggu 24/1/2021 di desa kami untuk bisa memberikan daya magnet kepada masyarakat kalipahit secara luas dimana desa kami yang identik dengan Hutan Alas purwo bisa jadi tempat bisnis Agrowisata dan Pariwisata,” tuturnya.

Lanjut supriyono terangnya di tempat kantornya menyatakan kami bersama – sama mengajak bupati banyuwangi ke tempat kediaman  Home stay kami di dsn. Purworejo untuk mengenalkan daerah ini untuk menjadi terobosan baik mengembangkan desa Wisata berdampak positif untuk Ekonomi di daerah kami  tempat ini bisa jadi penginapan bagi para tamu yang datang di Hutan Alas Purwo mas,” terangnya,..[ yok-adi-Idr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.