Kota Probolinggo Hujan Abu, Dampak Letusan Gunung Semeru

Probolinggo, RepublikNews – Minggu 17 Januari 2021- Letusan gunung Semeru Lumajang, Jawa Timur, dirasakan warga Kabupaten Probolinggo dan Kota Probolinggo, yakni hukan abu.

Seperti yang terjadi di wilayah kelurahan Wonoasih kota Probolinggo, Yanto mengatakan, dirumahnya dan kaca mobilnya banyak debu menempel walaupun sudah dibersihkan.

“Teras rumah dan kaca mobil ada debu menempel walaupun sudah dibersihkan, kemungkinan berasal dari letusan gunung Semeru terbawa angin kencang dari arah selatan,” ujarnya, Minggu (17/1/2021).

Secara terpisah Subhan (20), warga Kelurahan Jrebenglor, Kecamatan Kedupok, Kota Probolinggo membenarkan, adanya butiran debu dari erupsi letusan gunung Semeru Lumajang, terbawa angin menuju kota Probolinggo.

“Ya benar mas, teras depan rumah sudah disapu setelah itu kotor lagi, seperti abu vulkanik warna debunya beda seperti debu biasanya,” Terangnya.

Bahkan, bukan hanya rumahnya saja, melainkan hampir semua semua rumah warga juga dipenuhi dengan abu.

“Bukan rumah saya tok, malahan rumah tetangga juga sama, kaca rumah dan sadel sepeda motor tertempel butiran debu, terus kedua mata agak perih seperti ada debunya,” tandasnya.

Sampai berita ini diangkat, Kalaksa BPBD kota Probolinggo, Sugito belum sempat dimintai keterangan soal hujan abu tersebut.

Reporter : Atman, Kabiro Probolinggo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.