Di Sela Acara Pengukuhan Kepala Perwakilan Jatim, Pimprus Koran Merdeka News Bertekad Memaksimalkan Fungsi Medianya

Mojokerto, RepublikNews – Pimpinan Perusahaan Koran Merdeka News bertekad memaksimalkan fungsi medianya, tak hanya sebagai penyebar informasi namun terus berupaya mengembangkan optimisme dalam masyarakat, terutama terkait masalah pendidikan nasional.

Hal itu disampaikan Moch Misdi SH MH, selaku Pimpinan Perusahaan Koran Nasional Merdeka News, saat memberikan sambutan pencerahan kepada seluruh Biro Jawa Timur, pada acara pengukuhan Kepala Perwakilan Mojokerto di Hotel LYNN, Minggu (10/1/2021) lalu.

“Kami menyadari, eksistensi media ini sesungguhnya bergantung pada regulasi dalam menopang keberlangsungan perusahaan Merdeka News. Artinya, kita tidak cukup hanya dengan mengandalkan kemampuan beradaptasi dengan keadaan, namun lebih dari itu, kita membutuhkan dinamika perubahan penguatan struktur pengelolanya,” ungkap Misdi.

Menurutnya, meskipun peran dunia digital dan internet dalam berbagai industri terus meningkat, namun Merdeka News tetap berupaya membangun kemampuan dalam beradaptasi menghadapi perubahan ini.

“Ya, Merdeka News akan tetap berupaya membangun kekuatan, agar media kita ini dapat bertahan hidup dalam perilaku masyarakat yang menginginkan informasi. Tentu, media ini tidak akan membuat media yang mis informasi, misalnya berita hoax yang dapat mempengaruhi ranah publik dengan pengaruh pemberitaan negatif. Kita buat yang baik baik saja,” tutur Misdi.

Diakuinya, perkembangan dunia digital bisa saja menggerus hal-hal konvensional dan mengubah cara pandang pembaca dalam mencari informasi. Namun pihaknya sudah mengantisipasinya dengan cara membentuk struktur komponen yang berlapis.

“Saya tetap yakin eksistensi media cetak memiliki tanda tanda transisi yang ada di masyarakat termasuk dalam hal mengakses berita baru. Maknanya, media kita ini juga menuntut adaptasi dan intervensi dari semua anggota yang tergabung di dalam Merdeka News. Mulai jajaran marketing dan manajemennya,” ulasnya.

Meski mendapatkan tantangan besar, keberadaan Merdeka News diharapkan tetap menjadi penjernih. Pihaknya menganggap, pesaing utamanya kini bukan lagi sesama media massa, melainkan media sosial yang menguasai informasi dan teknologi digital. Pada akhirnya, Merdeka News pun merasa perlu bertransformasi dengan membuat media online.

“Meskipun Media online Merdeka News sudah dilaunching tahun 2021 ini, namun media konvensional kita tetap memiliki peranan besar dalam menanggulangi permasalahan yang dapat membahayakan ketentraman masyarakat, misalnya, dengan maraknya berita bohong atau informasi palsu atau dikenal dengan Hoaks yang beredar di dunia maya. Merdeka News tetap menjadi garda terdepan menghadapi masalah itu,” lanjut laki laki yang berperawakan subur itu.

Untuk kepentingan itu, maka pihak manajemen Merdeka News merasa perlu menata perwakilan perwakilan di semua biro utamanya biro yang ada di Jawa Timur. Sebagaimana pengukuhan Kepala Perwakilan di Mojokerto pada minggu 10 Januari 2021 lalu. Pengukuhan tersebut dilaksanakan berdasarkan musyawarah internal perusahaan media ini.

Dengan telah dikukuhkannya Heru Baskoro SH sebagai Kepala Perwakilan yang baru, maka yang bersangkutan dapat melaksanakan seluruh tugas kewajban dan kewenengannya sesuai aturan Koran Nasional Merdeka News yang sudah disetujui bersama.

“Kami ucapkan terimaksih atas kepercayaan yang diberikan kepada saya selaku Kepala Perwakilan Merdeka News di Mojokerto ini,” kata Heru Baskoro SH pada kesempatan menyampaikan sambutan.

“Tak lupa saya juga menyampaikan rasa atas kehadiran teman teman,selain media Merdeka juga ada media yang di undang yaitu Wartawan Media Rnwes,Buser Bhayangkara 74, biro Merdeka News yang telah hadir dalam acara yang bersejarah ini. Dengan tulus saya nyatakan akan bekerja dengan baik untuk mengembangakan Merdeka News yang berkualitas,” imbuhnya.

Sebelumnya, pihaknya sempat melontarkan pertanyaan di forum pengukuhan tersebut, terkait kemungkinan adanya perasaan tidak nyaman yang dirasakan oleh teman teman biro lainnya. Heru khawatir adanya penunjukan dirinya sebagai perwakilan Mojokerto yang baru dikukuhkan.

“Pada kesempatan ini ijinkan saya menyampaikan permohonan maaf kepada teman teman, apabila ada diantara teman teman yang menjadi tidak nyaman atas pengukuhan saya di Merdeka News ini, sekali lagi saya mohon maaf. Ini hanya sebuah amanat bagi saya,” kata dia.

Sementara ketua panitia kegiatan, Edi Waluyo, mengaku lega atas terselenggaranya pengukuhan ini dapat berjalan lancar, sukses dan tanpa ada halangan yang merintang. Pihak panitia puas apalagi tempat pelaksanaannya di tempat yang istimewa, yakni Hotel LYNN yang dinilai cukup megah.

“Terselenggaranya acara ini berkat usaha Heru Baskoro yang memperjuangkan tempat senegah ini. Dan yang lebih membanggakan bagi kami sebagai panitia, kegiatan ini terselenggarakan dengan mengedepankan standar protokol kesehatan Covid-19. Termasuk sterilisasi dan pemeriksaan suhu badan, pakai masker, sarung tangan dan hand sanitizer,” ujar Edi usai gelaran acara.

Sementara itu menurut Kepala Biro Merdeka News Kab/Kota Pasuruan, H Rofiq, penempatan lokasi dan waktu pelaksanaan memang di atur sedemikian rupa agar bisa tetap mengedepankan Physical distancing dan tidak melanggar protokol kesehatan.

“Ketua panitia tadi mengatakan kepada saya bahwa pelaksanaan pengukuhan ini digelar dengan sangat hati hati, terutama posisi menjaga agar rasio peserta dengan tempat duduk yang disiapkan pihak hotel sangat proporsional dan berasa nyaman,” kata H Rofiq saat dimintai komentar terkait pelaksanaan pengukuhan ini.

Disisi lain, ada pemandangan yang cukup mengesankan di ujung acara pengukuhan itu, yaitu ucapan selamat dari peserta rapat kepada Ketua Perwakilan Mojokerto yang telah dikukuhkan, karena pada saat itu wajah Heru Baskoro nampak terharu dan gembira bercampur semangat yang siap menjalankan tugas yang di amanatkan .

Namun pesan terpentingnya dari acara pengukuhan ini, crew Merdeka News harus bekerja secara profesional dan berintegritas, bisa harmonis dengan jajaran manajemen. (Heni kabiro Rnews)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.