Kampung Karang Kenek (KK26) Masih Tetap Terasa Angker

Situbondo, RepublikNews – Di setiap kawasan maupun daerah di jagat raya ini, banyak menyimpan tempat-tempat yang dipercaya angker. Tempat-tempat tertentu tersebut, dipercaya memiliki kisah misterius dan masa lalu yang menyeramkan. Bahkan tempat tersebut diklaim sebagai tempat terkutuk yang diduga dihuni makhluk alam gaib yang tak kasat mata.

Meskipun terdengar agak menyeramkan, namun dari masa ke masa tetap masih ada saja pengunjung bersedia hadir untuk melakukan uji nyali dan mengabarkan berita, bahwa mereka datang berkunjung ke tempat tersebut untuk membuktikan kebenaran apakah ada hal aneh yang sedang terjadi.

Sebuah dusun dari warisan masa lalu, yang tak luput dari cerita kisah-kisah horor yang menakutkan. Mungkinkah ini hanya sebuah mitos, legenda, atau dongeng yang senantiasa selalu melingkupi jiwa masyarakatnya yang hidup di sekitar wilayah itu.

Dusun mistis tersebut bernama Karang kenek, berdiri di desa Olean, Kabupaten Situbondo, Jawa timur. Karang Kenek (KK26) adalah sebuah dusun yang terletak di sekitar lahan persawahan. Yang menurut sesepuh setempat, hanya bisa dan boleh dihuni oleh 26 Kepala Keluarga dan merupakan sebuah dusun yang masih tertinggal (menurut Kemendesa PDTT).

Karang Kenek (KK26) seperti tak pernah lepas dari kisah misteri nya. Selasa (05/01/2021) beredar kiriman video dari seseorang yang mempunyai nomor (xx7899) di group media WhatsApp, yang sempat menghebohkan sekaligus bikin takjub kepada anggota didalam nya.

Video yang berdurasi sekitar 26 detik tersebut, menunjukkan wujud penampakan Hantu yang menyerupai bentuk Siluman Banaspati, ia muncul menjadi bola api dan terbang menari-nari di atas pematang.

Diduga sumber kejadian berada di area Wisata Karang Kenek (KK26) yang dalam keterangan nya, sempat menyebutkan nama tempat dan waktu kejadiannya yakni pukul 03.14 WIB, dinihari. Video pendek tersebut diunggah oleh seseorang yang berinisial (ANS).

(ANS) mengaku, “Video itu saya dapat dari Warga disekitar WISATA MISTIS. Kejadian seperti itu, memang sering terjadi.” Bebernya.

Banaspati dalam arti istilah bahasa adalah sebutan bagi hantu atau roh jahat dengan ilmu hitam tingkat tinggi yang memiliki wujud seperti api dan ber-elemen utama api. Sosoknya bisa mengambil bentuk bola api atau pusaran api.

Hantu ini biasanya terbang rendah dari satu tempat ke yang tempat lain dengan mengambil rupa layaknya api. Dikabarkan, Banaspati akan membakar manusia yang mengusiknya. Roh jahat ini sering ditemukan di daerah Pulau Jawa dst.

Banaspati dipercaya menggambarkan jelmaan dari ilmu hitam atau santet yang pada umumnya menampakkan wujudnya dimalam hari. Banaspati juga diyakini oleh sebagian masyarakat adalah bentuk Jin Ifrit dimana atas suruhan dukun akan melakukan praktik santet.

Karang Kenek (KK26) memang sudah terkenal, baik oleh masyarakat disekitar maupun masyarakat diluar kota sebagai kampung misteri. Cerita mistis yang di himpun dari kepala desa setempat yang dikutip dari YouTube (Arjuna Channel) berjudul Bola Api Setan Timpa KK26 Desa Olean Situbondo, dan bumiaktual.com tanggal 5/1/2021).

Ansori menerangkan, jika kejadian-kejadian aneh seperti itu memang sering kali terjadi. Adanya bola api yang muncul tersebut dikarenakan adanya dimensi lain di wilayah itu, terutama di dusun Karang Kenek dan area pemakaman yang telah bersemayam seorang tokoh orang terdahulu yaitu Pangeran Tunggul Angin.

Ia menambahkan, “Itu sering terjadi dan masyarakat sering melihat hal-hal yang seperti itu. Di sana tetap digelar doa bersama setiap Senin sore dan Kamis sore di area makam. Dan dusun itu dipercaya tidak boleh lebih dari 26 KK.” Jelas Kades Ansori.

Konon legenda misteri tersebut berasal dari sebuah kutukan. Mengutip media rumahmisteri.com (tertanggal 31/5/2019). Dahulu dusun ini hanya ditempati oleh dua keluarga dan mereka tinggal dalam satu rumah. Kemudian keturunan dari salah satu keluarga itu dikabarkan tidak ingin pindah dari Karang Kenek.

Kemudian pada suatu hari, ada peristiwa aneh yang terjadi di rumah yang ditempati keturunan keluarga tersebut. Tiba-tiba tanpa sebab yang jelas, seluruh penghuni rumah tersebut menjadi Gila. Lalu jasad mereka dikuburkan di tanah yang ada di dusun Karang Kenek sendiri. Sejak saat itulah warga dusun ini percaya, bahwa kuburan itu yang diberi kutukan kepada dusun ini.

Sebenarnya kepala keluarga di dusun ini bukan nya tidak bertambah sama sekali, tapi setiap kali ada penambahan Kepala keluarga, hal-hal aneh mulai terjadi.

Jika ada penambahan, terkadang tiba-tiba ada salah satu kepala keluarga yang ingin pindah dari dusun ini, terkadang juga tanpa sebab yang jelas, salah satu kepala keluarga akan ada yang sakit dan akhirnya meninggal (Red).

Jika seseorang ingin berkunjung ke Karang Kenek KK26, konon menurut cerita yang pernah ada, orang tersebut akan merasakan suasana yang berbeda yakni Spot sakral yang penuh dengan cerita misteri dan mistis. Karena Kampung Karang Kenek adalah salah satu dusun angker yang ada di Situbondo.

Hal ini dikuatkan dari cerita masyarakat, pencarian google dan beberapa bukti video yang telah di share oleh seseorang yang ketika dalam perjalanan nya di diganggu oleh makhluk gaib tersebut. Gangguan-gangguan yang dirasakan pada saat kejadian itu adalah sebuah penampakan pancaran bola api terbang melayang-layang di kesunyian malam.

Maka disarankan jika mau berkunjung ataupun melewati tempat-tempat yang sekiranya patut diduga angker, agar senantiasa membiasakan diri dengan berdoa. Supaya diri kita dan orang yang kita cintai dihindarkan dari malapetaka yang tidak kita inginkan. Karena tempat yang seyogyanya sudah ataupun belum kita ketahui, terkadang melakukan perlawanan atau usil dengan kehadiran kita terhadap makhluk gaib dalam cerita mistis yang dikandungnya.

Tidak hanya cerita di masa lalu nya saja yang menyimpan misteri namun sampai saat ini tempat tersebut masih dipercaya angker. Cerita mistis yang berbau klenik di tengah masyarakat yang beredar, mampu membuat bulu kuduk menjadi langsung merinding.

Dulu, ada pula seseorang yang pernah mengisahkan pengalaman misteri nya kepada wartawan media ini, ia mengaku jika sering melihat sesosok laki-laki seperti seorang yang memakai pakaian kerajaan tiba-tiba menghilang begitu saja. Dipercaya sosok tersebut adalah makhluk jelmaan dari bangsa jin.

Sampai saat ini walaupun begitu banyak memiliki banyak misteri, Kampung Karang Kenek KK26 masih menjadi primadona bagi para pecinta misteri. Cerita mistis dan mitos ini walaupun belum bisa dibuktikan dengan pasti secara kenyataan, namun diharapkan dapat membuat para pengunjung agar tidak berlaku sembarangan, berbuat menyimpang saat melakukan kunjungan.

Inilah cerita legenda misteri yang berkembang di tengah-tengah masyarakat di Situbondo, dari jaman dahulu sampai saat ini. Apakah itu benar-benar fakta atau fiksi, semua kembali kepada dirinya dan kepercayaan nya masing-masing. (Agung) Bersambung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.