Warga Komplek Cadek Permai Baitussalam Aceh Besar Peringati 16 Tahun Gempa Tsunami Aceh

Aceh Besar, RepublikNews – Warga Komplek Cadek Permai Baitussalam, Aceh Besar larut khusyu’ dalam zikir, samadiah dan tausiyah memperingati 16 tahun musibah gempa Tsunami Aceh.

Acara yang berlangsung di Mushalla Al-Aufa komplek Cadek Permai usai shalat Magrib berjamaah, Sabtu 26 Desember 2020.

Komplek Cadek permai yang berdekatan dengan kampus UIN dan Unsyiah termasuk dalam wilayah pantai pesisir timur Aceh Besar arah ke Krueng Raya yang rusak parah dihantam ombak Tsunami dan berjarak hanya 4 km dari bibir pantai.
Tercatat lebih dari 150 warganya menjadi korban.

Dalam sambutan singkatnya, Tgk. Akmal Said yang merupakan warga pernah berdomisli di wilayah ini menyampaikan bahwa peristiwa gempa tsunami 16 tahun yang lampau adalah tanda kekuasaan besar dari Allah SWT dan membuktikan bahwa manusia ini hanyalah makhluk yang lemah dan tiada berdaya apapun kecuali dengan pertolonga-Nya.

“Marilah mengambil hikmah dari peristiwa ini agar kita semua dapat bersatu dan bergandengan tangan untuk selalu berkontribusi dalam kemaslahatan karena jika kita semua bersatu dalam kebaikan maka pertolongan Allah pasti akan hadir dalam kehidupan kita,” kata Akmal Said yang saat ini menjabat sebagai Komisioner KIP Kota Sabang.

Sementara Tgk Rafly Kande, anggota DPR RI asal Aceh sebagai tamu kehormatan dalam tausiyahnya menyampaikan bahwa peristiwa gempa tsunami 26 Desember 2004 yang lalu sebagai sarana instrospeksi atas setiap kesalahan yang telah kita kerjakan.

“Mari kita bermuhasabah atas segala kekeliruan yang telah kita kerjakan selama ini agar kita mendapatkan ampunan dari Allah SWT,” kata Rafli di hadapan jamaah zikir dan samadiyah.

Lebih lanjut Rafli mengajak jamaah untuk selalu dapat membahagiakan orang lain dan menghargai serta menghormati setiap perbedaan yang ada dalam kehidupan bermasyarakat dan menggali potensi diri secara optimal untuk dapat dimanfaatkan dalam kemaslahatan bersama.

“Kita tidak perlu berlebihan melihat kekurangan orang lain karena kita pun mungkin masih banyak kekhilafan yang kita perbuat dalam beraktivitas”, ujar Rafli yang juga terkenal dengan nyanyian syair aceh aneuk yatim dan Ya Rabbana

“Diperlukan adanya komunikasi yang sejuk, efektif, konstruktif dan proporsional sesama warga masyarakat dalam usaha mewujudkan kehidupan yang aman, damai dan sentosa,” pungkas Rafli dalam penutup tausiyahnya

Pada kesempatan itu, sebagai Anggota DPR RI Dapil 1 Aceh, Rafly Kande berkomitmen untuk mendukung dan membantu penyempurnaan pembangunan Mushalla Al-Aufa Komplek Cadek Permai sebagai sarana ibadah dan wahana silaturahmi sesama warga masyarakat sekitar.

Ketua Komplek Cadek Permai Tgk Saifuddin menyampaikan apresiasi kepada seluruh jamaah dan warga masyarakat yang telah mengikuti kegiatan doa dan zikir samadiyah ini secara tertib.

“Mewakili pengurus komplek dan warga masyarakat kami juga menyampaikan Terima kasih banyak atas kehadiran dan kepedulian Bapak Rafly Kande dan semoga doa serta samadiyah yang kita panjatkan malam ini diterima di sisi Allah SWT.

Demikian disampaikan Tgk.Saifuddin, yang didampingi sekretaris komplek M. Raja Haikal dan Kepala Dusun Ujong Blang M. Toufik Hidayat.

Acara tersebut juga ikut dihadiri oleh tokoh warga komplek Cadek Permai diantaranya bapak HT. Narensyah, bapak Lisman Noeris, bapak Taufik Abdullah, dan bapak Trisno Suhardi, serta Pengurus Komplek Cadek Permai lainnya yakni Tgk. Zayadi (Wasekum), Ade ilham (WaBendum).*(rif)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.