Polres Lampung Barat Gelar Apel Pasukan Ops Lilin Krakatau 2020

Lambar, RepublikNews – Polres Lampung Barat melaksanakan Apel Gelar Pasukan dalam rangka Operasi Lilin Krakatau Tahun 2020. Senin (21/12/2020). Kegiatan apel di pimpin langsung oleh wakil Bupati Lampung Barat Drs. H. Mad Hasnurin. Kegiatan tersebut juga di hadiri oleh Kapolres Lampung Barat AKBP Rachmat Tri Haryadi, S.IK, M.H., PJU Polres Lampung Barat dan Kapolsek Jajaran, Pers Kodim 0422 Lambar, Pers Sat Pol PP Lambar & Pesibar, Pers Dishub Lambar & Pesibar, Pers BPBD Lambar & Pesibar, Pers Pramuka Lambar, serta Peserta Apel Gelar Pasukan lainnya.

Dalam amanatnya Bupati Lampung Barat Drs. H. Mad Hasnurin membacakan amanat Kapolri dalam rangka Ops Lilin Krakatau 2020 yang berisi, Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin2020” dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2020 dan Tahun Baru 2021, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya.

“Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian. Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19,” terang Wakil bupati.

“Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman,” lanjutnya.

“Ada beberapa penekanan saya untuk dipedomani guna mendukung keberhasilan dalam pelaksanaan tugas, yaitu sebagai berikut: Pertama, siapkan mental dan fisik serta jaga kesehatan, Kedua, lakukan deteksi dini dengan memetakan dinamika dan fenomena yang berkembang, Ketiga, tingkatkan kepekaan, kewaspadaan dan kesiapsiagaan dalam melaksanakan pengamanan dan antisipasi terhadap kemungkinan terjadinya aksi teror dan kriminalitas, Keempat, laksanakan pengamanan secara profesional dan humanis, berikan pelayanan terbaik, lengkapi sarpras dan perlengkapan perorangan yang memadai, serta lakukan penugasan anggota dengan buddy system,”ujar Wakil Bupati.

“Kelima, laksanakan penegakan hukum secara profesional dan proporsional serta bertindaklah secara tegas namun humanis terhadap setiap pelanggaran hukum yang berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, Keenam, mantapkan kerja sama, sinergi, dan soliditas para pihak yang terlibat demi keberhasilan pelaksanaan operasi, Ketujuh, Tetaplah menjadi teladan bagi keluarga, rekan, dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan mencegah penyebaran Covid-19, yaitu mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih,”Pungkasnya.

Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2020 yang akan dilaksanakan selama 15 hari, mulai dari tanggal 21 Desember 2020 sampai dengan tanggal 4 Januari 2021, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis.(Nur)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.