Penataran Manajemen, Jurus Danrem 082/CPYJ Siapkan Pemimpin Yang Beradaptasi

Mojokerto, RepublikNews – Materi penataran manajemen kepemimpinan yang digagas oleh Danrem 082/CPYJ, Kolonel Inf M. Dariyanto diyakini mampu mencetak calon pemimpin yang nantinya bisa beradaptasi terhadap perubahan maupun perkembangan lingkungan. Materi itu, disuguhkan ke para Perwira Pertama Makodam V/ Brawijaya.

“Diharapkan kepemimpinan TNI-AD di masa depan harus memiliki integritas
yang tinggi dalam menghadapi segala tantangan masa depan. Seorang pemimpin harus memiliki kepemimpinan formal dan informal,” kata Dariyanto dalam paparannya di Gedung Balai Prajurit Makodam V/Brawijaya, Surabaya. Jumat, 18 Desember 2020.

Ia menyebut, kepemimpinan formal ialah kepemimpinan yang resmi diangkat dalam jabatan kepemimpinan. Pasalnya, kepemimpinan tersebut, terlihat pada berbagai ketentuan yang mengacu pada hirarki pada suatu organisasi.

“Kepemimpinan formal, tidak secara otomatis merupakan jaminan akan
diterima menjadi pemimpin yang sebenarnya. Sedangkan, kepemimpinan informal terlihat pada pengakuan nyata dan penerimaan pada praktek atas kepemimpinan seseorang,” ungkap Danrem.

Terdapat beberapa gaya kepemimpinan yang saat ini mulai diterapkan,
pejabat nomor satu di wilayah teritorial Korem 082/CPYJ itu menyebut
jika kepemimpinan itu meliputi kepemimpinan otokratis, birokratis,
demokratis, bebas, militeristis, paternalistis dan karismatis.
“Sedangkan, kepemimpinan modern, saat ini menjadi kunci keunggulan kepemimpinan. Itu meliputi karakter pemimpin, kredibilitas dan nilai kepemimpinan,” bebernya. (Sm49)

Autentifikasi
Kapenrem 082/CPYJ, Mayor Caj Supranoto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.