Giliran Sumenep “5 Kegiatan Serentak” Kembali Di Gelar Oleh Perwakilan BKKBN Jatim

Sumenep, RepublikNews – Setelah 5 kegiatan serentak  Perwakilan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Jawa Timur digelar di Kabupaten Jember pada hari Sabtu (12/12/2020). Hari ini 5 kegiatan serupa digelar di kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Senin (14/12/220).

Adapun 5 kegiatan tersebut adalah Bina Keluarga Lansia (BKL), Bina Keluarga Remaja (BKR), Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera (UPPKS), Bina Keluarga Balita (BKB), dan Pusat Informasi Konseling Remaja (PIK-R).

Kegiatan pertama Pembinaan kelompok BKL dan Sosialisasi 7 Dimensi Lansia Tangguh dan Perawatan Jangka Panjang serta pemberian marchandise digelar di desa Aeng Panas, Kecamatan Paragaan, kabupaten Sumenep.

BKKBN Jatim Secara Serentak Gelar 5 Kegiatan Di Kabupaten Jember

Hadir dalam acara, Pejabat Fungsional Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur, Dra. Suhartuti, M.M., Camat Paragaan , sekretaris desa Aeng Panas, kepala Puskesmas, dan anggota Kelompok CoE BKL Sentoso, serta para lansia.

Kesempatan itu Suhartuti menerangkan bahwa kegiatan yang diadakan BKKBN Jatim bertujuan untuk meningkatkan kehidupan keluarga di Jawa Timur termasuk kehidupan lansia. “Memberi pengarahan petunjuk agar lansia bisa menjadi lansia tangguh, sehat mandiri dan sejahtera dan di akhir hayatnya,” ujar Suhartuti.

Kegiatan kedua adalah Pembinaan penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja dan Bhakti Kader di Kelompok CoE BKR Al Hidayah, Desa Torbang Kecamatan Batuan Kab. Sumenep.

Hadir dalam acara, Analis Kebijakan Ahli Muda Bina Ketahanan Remaja (BKR) Perwakilan BKKBN Jatim, Yuyun Evriana, S.E., Camat Batuan, Kepala Desa Torbang, Ketua TP PKK Desa Torbang, Sekcam Batuan, dan para kader kelompok CoE BKR Al Hidayah.

Yuyun kesempatan itu memberikan pembinaan ke 30 kader BKR tentang 5 Transisi Kehidupan bagi Remaja, yakni : Hidup sehat sehari hari, Melanjutkan sekolah, Mencari Pekerjaan Kompetitif. Menjadi anggota Masyarakat, dan Perencanaan berkeluarga. Selain pembinaan, BKKBN Jatim juga memberikan Merchandise kepada lansia dan warga sekitar kec. Batuan.

Kegiatan ketiga adalah Pembinaan kelompok UPPKS Srikandi Desa Rubaru, Kec. Rubaru, Kab Sumenep. Hadir dalam acara, Analis Kebijakan Ahli Muda Perwakilan BKKBN Jawa Timur, Yuni Dwi Tjadikijanto, S.E., Kades Rubaru, Rudianto, dan anggota kelompok UPPKS Srikandi.

Yuni dalam kesempatan itu menerangkan harapan setelah adanya pembinaan agar kelompok UPPKS lebih berkembang dan maju. “Diharapkan pendapatan anggota kelompok meningkat yang pada akhirnya meningkatkan pendapatan keluarga. Selain itu mengingatkan anggota keluarga yang belum ikut KB agar dapat segera berKB,” urainya.

Kegiatan keempat adalah sosialisasi 1000 HPK dan bakti kader, pembinaan di kelompok CoE BKB desa Pangarangan, Kec Kota Sumenep, Kab. Sumenep.

Hadir dalam acara, Analis Kebijakan Ahli Muda Bina Keluarga Balita dan Lansia (BBL) Perwakilan BKKBN Jatim Taufik Daryanto, S. Psi., M.Sc., Camat kota Sumenep,  PKB/PLKB, kader dan anggota BKB. Dalam kegiatan itu diberikan merchandise untuk keluarga pra sejahtera di sekitar lokasi CoE BKB sebanyak 25 paket.

Kegiatan kelima adalah pembinaan PKBR di kelompok CoE PIK-Remaja Telatif SMAN 1 Sumenep, yang dihadiri Ketua Umum Insan GenRe Jawa Timur, Haydar Iskandar, Kepala SMAN 1 Sumenep beserta guru BK yang merupakan pembina PIK-Remaja, serta pengurus PIK-Remaja, anggota OSIS dan pengurus Insan GenRe Sumenep yang jumlah keseluruhan peserta sebanyak 30 orang.

Dalam sambutannya, Kepala SMAN 1 Sumenep menyambut baik pembinaan yang diadakan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Jawa Timur dan berharap bisa menjadi program berkelanjutan.

Haydar Iskandar sebagai narasumber menekankan pada pelaksanaan program kegiatan yang bercitarasa remaja dengan melakukan pendekaatn peer to peer, sehingga semakin banyak remaja yang terpapar dengan substansi PKBR dan meningkatkan daya tarik remaja untuk bergabung dengan PIK-Remaja.

Setelah penyampaian materi, mewakili BKKBN Jawa Timur, Haydar juga menyerahkan 5 paket sembako kepada pengurus PIK-Remaja SMAN 1 Sumenep dengan kondisi ekonomi kurang mampu.

Dikesempatan berbeda, Kepala Perwakilan (Kaper) BKKBN Provinsi Jawa Timur, Drs. Sukaryo Teguh Santoso, M.Pd. menuturkan bahwa BKKBN Jawa Timur tidak akan lelah bekerja untuk keluarga dan masyarakat di Jawa Timur

“5 kegiatan serentak di Sumenep adalah  lokasi wujud dari kinerja BKKBN Jawa Timur yang tidak mengenal lelah terus bekerja untuk keluarga dan masyarakat di Jawa Timur. Sabtu kemarin kita juga adakan 5 kegiatan serentak di Jember. Semua kegiatan itu adalah implemintasi program Bangga Kencana. Dan ditahun 2021 akan terus ditingkatkan kinerja dari BKKBN Jatim untuk masyarakat,” terang beliau. @red

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.