Tim Psikologi SDM Polda Jatim & Tim RO Psi SSDM Polri Bantu Trauma Healing Korban Erupsi Semeru

Lumajang, RepublikNews -Tim Psikologi Biro SDM Polda Jatm  bersama Tim Ro Psi SSDM Polri memberikan bantuan psikososial dan trauma healing kepada masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru, yang berlangsung di pengunsin warga di wilayah Kecamatan Pronojiwo dan Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Kamis (9/12/2020).

Kegiatan tersebut untuk masyarakat terdampak erupsi terutama kelompok rentan anak-anak, manula dan perempuan. Giat yang dilakukan itu berkoordinasi dengan Polres Lumajang, BPBD, Tim Depsos, Kapolsek, Kepala Desa setempat dan instansi terkait.

Selain itu, juga dilakukan peninjauan fasilitas pengungsian warga dan dapur umum, Pengamatan Gunungapi Semeru, pemberian bantuan barupa selimut, masker, suplemen dan vitamin, makanan ringan, susu, tas dan perlengkapan sekolah.

Hal itu juga termasuk terapi bermain dgn sasaran anak-anak (bernyanyi, games, story telling/ cerita anak), kunjungan langsung ke rumah-rumah warga sekitar lereng Gunung Semeru dan pemberian bantuan dan mengedukasi terhadap warga dan anak-anak.

Warga masyarakat terdampak erupsi Gunung Semeru mendapatkan bantuan dukungan psikososial, psikoedukasi serta beberapa kebutuhan dasar yang diperlukan selama dipengungsian (selimut, masker, suplemen dan vitamin, susu dan sebagainya).

Kegiatan itu juga melibatkan Tim Trauma Healing Biro SDM Polda Jatim seperti Karo SDM Polda Jatim KBP Andi Syahriful Taufik, S.I.K, M.Si, Kabag Psikologi AKBP Diah Ika Riantanti., S. Psi. Psikolog, Wakapolres Lumajang, Kabagsumda Res Lumajang, Kasat Sabhara Polres Lumajang, Kasat Binmas Polres Lumajang, Kapolsek Pronojiwo Polres Lumajang, Kapolsek Candirejo, Himpsi Cabang Jember dan mahasiswi magang F.Psi Unesa.

Sedangkan Tim Ropsi SSDM Mabes adalah KBP Adi Suhariyono, S.Psi, SSTMK, Psikolog, KP Aryuni Novitasari, M.Psi, M.Si, Psikolog, KP Dwi Crismawan, M.Si, M.Psi, Psikolog, Ipda Indah Syarif Kurniawati, MPsi, Psikolog, Ipda Bellatrix Putri Bahari, MPsi, Psikolog dan Penata Sugiarti.

Reporter : Atman Kabiro Lumajang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.