Gunung Semeru Erupsi Lagi, Kapolres Lumajang Tinjau Lokasi Bencana

Lumajang, RepublikNews – Kapolres Lumajang, AKBP Deddy Foury Millewa melakukan peninjauan ke Pos Pengamatan Gunung berapi Semeru di Gunung Sawur, Kecamatan Candipuro serta ke lokasi bencana pasca terjadinya erupsi Gunung Semeru, Selasa(1/12/2020)

Dalam kegiatan tersebut Kapolres didampingi sejumlah PJU Polres Lumajang bersama-sama Bupati Lumajang, Wakil Bupati, Kodim serta sejumlah pejabat meninjau langsung guna mengetahui kondisi dan situasi terkini daerah yang terdampak langsung erupsi Semeru.

Kapolres menjelaskan, Gunung Semeru yang terletak di Kabupaten Lumajang kembali menyemburkan awan panasnya dini hari tadi sekira pukul 01:30 Wib.

“Kita lakukan peninjauan langsung ke Pos Pemantauan sekaligus ke lokasi untuk memastikan kondisi daerah dan kondisi masyarakat yang terkena langsung dampak dari erupsi tadi malam,” ujarnya.

Selain itu, Kapolres memerintahkan jajarannya untuk terus berkoordinasi dengan pihak Kodim dan Pemda dalam rangka menangani situasi apabila terjadi erupsi susulan.

“Kita terus melakukan koordinasi dengan pihak Kodim dan Pemda sebagai upaya antisipasi jika terjadi bencana susulan,” tambahnya.

Sementara itu, data yang berhasil dihimpun dari Petugas di Pos Pengamatan Gunung Api Semeru, telah terjadi dua kali letusan yakni pada pukul 01:23 dan 02:18 dini hari tadi. Dengan jarak luncur semburan awan panas kurang lebih 11.000 meter ke arah tenggara dan selatan.

Sebagaimana penjelasan dari pengamat gunung api dari Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi, Mukhdas Sofyan, selain semburan awan panas semeru juga mengalami guguran lava dengan jarak luncur 3.000 meter ke arah Besuk Kobokan.

“Teramati, sudah terjadi letusan dengan jarak luncur awan panas kurang lebih 11000 meter serta 2 kali awan Panas guguran dengan jarak luncur 3000 meter kearah Besuk Kobokan,” jelas Sofyan.

Reporter : Atman Kabiro Lumajang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.