Pemdes Kalirejo Gelar Sosialisasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya 2020

56 Views

Banyuwangi, RepublikNews – Pemerintah Desa Kalirejo, Kecamatan Kabat, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur gelar sosialisasi Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) tahun 2020, pada Jumat (20/11/2020).

Kegiatan yang berlangsung di aula kantor Desa Kalirejo ini dihadiri kepala Desa Kalirejo Eva Tristian Elti, Camat Kabat, Susanto, Kabid Perkim Banyuwangi, Jatmiko Triwuriyanto, Babinsa, Babinkamtibmas, tenaga Fasilitator Lapangan program BSPS, serta 39 orang warga yang akan menerima bantuan stimulan dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Para calon penerima ini sebelumnya sudah melalui tahap seleksi dan verifikasi lapangan. Yang selanjutnya akan ditetapkan sebagai calon penerima bantuan. Dalam acara sosialisasi ini para calon penerima bantuan diberikan penjelasan terkait hal – hal teknis serta peraturan yang berlaku dalam program BSPS. Mereka nantinya akan menerima stimulan senilai Rp.17.500.000, yang terdiri dari material senilai Rp. 15.000.000, dan upah tukang sebanyak Rp. 2.500.000. dengan adanya bantuan ini harus diimbangi dengan swadaya dari calon penerima itu sendiri, sehingga dalam kegiatan rehabilitasi rumah tidak layak huni bisa berjalan dengan lancar.

Kepala Desa Kalirejo, Eva Tristian Elti, dalam sambutannya mengucapkan rasa terima kasih dengan adanya kegiatan soaialisasi BSPS di wilayahnya.

“Mudah – mudahan dengan adanya program BSPS ini bisa membantu warga saya dalam meningkatkan kelayakan rumah huniannya, dan saya mengharap bagi warga penerima bantuan, semua dapat bekerjasama, untuk menyelesaikan proses pembangunan sehingga dapat rampung sesuai waktu yang ditagetkan,” ujar Eva.

Sementara, Jatmiko Triwuriyanto selaku kepala bidang Perkim Dinas PU saat diwawancarai awak media Republiknews menyampaikan, langkah ini untuk mengantisipasi agar tidak terjadi kendala di kemudian hari kita akan mengupayakan dana talangan.

” Itu hanya sebagai pemicu supaya tidak ada kendala di kemudian hari, karena untuk tukang itu kerja hari ini ya untuk di makan hari ini,” kata Jatmiko.

Lebih lanjut Jatmiko mengatakan,” untuk itulah dana talangan itu kita carikan sponsor. Untuk targetnya closing pada tanggal 15 Desember 2020, dan akan kami upayakan sebelum jatuh tanggal tersebut sudah selesai, sedangkan dana talangan ini hanya untuk lokal – lokal saja yang ada kendala terkait pendanaan dari program BSPS,” pungkasnya.

Reporter Supriadi
Kabiro Banyuwangi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.