Kota Probolinggo Kembangkan Destinasi Wisata

9 Views

Probolinggo, RepublikNews – Siapa yang menyangka, sebuah kawasan di tengah sungai yang dulunya kotor bisa menjadi destinasi wisata di Kota Probolinggo. Ya, sebuah sungai di Kelurahan Jrebeng Lor, Kecamatan Kedopok itu kini disulap menjadi Bumi Pesona Randu.

Sebuah keserasian sosial menyatukan perbedaan di tempat wisata baru tersebut.

Untuk melintasi di tengah sungai yang berawal dari sedimentasi itu, kelompok dasar wisata (pokdarwis) Bumi Pesona Randu membuat jembatan kayu. Kemudian di sekitar lokasi dipasang gazebo, paving dan tempat bermain.

Sejatinya, Bumi Pesona Randu akan diresmikan oleh Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin pada pekan lalu. Namun karena kondisi curah hujan waktu itu sangat deras dan berlangsung lama, maka peresmian ditunda namun acara tampilan seni tetap berlanjut.

Tidak ingin membuat masyarakatnya menunggu, maka Habib Hadi-sapaan wali kota, mengagendakan peresmian dengan penandatanganan prasasti sambil gowes bareng komunitas sepeda minion dan masyarakat, pada Selasa (3/11) sore.

Start dari rumah dinas wali kota, gowes dengan menerapkan protokol kesehatan tiba di Bumi Pesona Randu sekitar pukul 16.00. Disambut dengan hadrah dan penampilan Wiro Jalu, nampak Habib Hadi datang bersama Wawali Mochammad Soufis Subri, Kepala Dispora Budi Krisyanto dan Camat Kedopok Imam Cahyadi serta lurah. Pada peresmian tempat wisata itu wali kota juga menyerahkan bantuan simbolis 5 kg beras untuk lansia.

“Alhamdulillah sudah terlihat perkembangannya. Yang dulu kotor, angker sekarang jadi indah. Terima kasih atas dukungan masyarakat dan teman-teman pokdarwis, semangatnya luar biasa dalam membangun ini,” kata Ketua Pokdarwis Bumi Pesona Randu, Soni, saat menyampaikan laporannya.

Wali Kota Habib Hadi pun menambahkan, pihaknya bersyukur bisa ditakdirkan untuk melihat Bumi Pesona Randu tersebut.

“Yang dilakukan pokdarwis sangat luar biasa. Dulu ada tumpukan sampah sekarang menjadi tempat yang membuat orang nyaman. Yang melintas disini pun melihatnya ikut senang,” tuturnya.

“Tentunya Pemerintah Kota Probolinggo mendukung dan mengapresiasi untuk meningkatkan potensi yang ada di Kota Probolinggo, semua wilayah kelurahan atau kecamatan menjadi destinasi wisata yang dapat menumbuhkan ekonomi baru di sekitarnya,” lanjut wali kota.

Ia juga berterimakasih kepada komunitas club minion Kota Probolinggo dan Kelurahan Kedung Asem yang ikut dalam gowes sore itu. Seperti yang kerap disampaikan wali kota, kekompakan itu menurutnya sebagai bentuk kebersamaan pemerintah dengan masyarakatnya. Tak lupa, wali kota terus mengingatkan masyarakat selalu menerapkan protokol kesehatan.

Reporter:
Suatman, Kabiro Probolinggo

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.