Pelantikan Perserikatan Bumdes Indonesia (PBI) Provinsi Lampung

36 Views

Lampung, RepublikNews РDalam rangka berupaya meningkatan eksistensi dan kemajuan Bumdes yang ada di Indonesia, Dewan Pimpinan Pusat Perserikatan Bumdes Indonesia (PBI) Rabu,28 Oktober 2020 melantik DPD Provinsi Perserikatan Bumdes Indonesia (DPD PBI) secara serentak di 32 Provinsi secara virtual.

Satiyanto.S.Pd, melantik jajaran pengurus DPD PBI secara virtual dikarenakan kondisi pandemi Covid-19. Namun pelantikan tetap berjalan himat dan serius.

Ketika wawancara melaui selululer dengan media ini, tokoh yang konsen kepada bumdes mangkrak ini Sutiyanto mengatakan,” dirinya berharap dengan terbentuknya Pengurus DPD PBI di 32 propinsi akan mampu mengkoordinasikan, mendorong seluruh bumdes di propinsi untuk maju bersama.

Titik kumpul pelantikan PBI Prov Lampung bertempat di Cafe “ngopi geh ” Jln Endro Suratmin Sukarame Bandar Lampung.

Pelantikan di mulai sekitar pukul 13.20 sebagaimana Ceremonial pelantikan, yakni dengan diawali menyanyikan lagu Indonesia raya disambung pembacaan Surat Keputusan (SK) Pelantikan Kepengurusan DPD seluruh Indonesia. Dilanjutkan sambutan Ketua Umum DPP PBI Satiyanto,S.Pd.

Perwakilan yang bisa hadir di titik kumpul pelantikan yakni perwakilan dari pengurus Bumdesa kabupaten Lampung Tengah, Kabupaten Pesawaran dan Kabupaten Tulang Bawang Barat sudah termasuk mewakili Ceremonial pelantikan PBI.

Berikut Susunan Kepengurusan Propinsi Lampung.
Formatur DPD Propinsi Lampung
Ketua DPD Prov Lampung Anwar
Wakil Ketua 1 Ardiansyah
Wakil Ketua 2 Kusni
Wakil Ketua 3 Dian Eka
Sekertaris Rinaldi Nuzirwan
Bendahara Ashep Anggriawan

Departemen
1. Organisasi & Keanggotaan: Miftahul Firdausy
2. Pengembangan Usaha:H. Samsul Achsan
3. Kemitraan M. Fadol Nasir
4. Informasi Promosi Pameran & Pemberdayaan HENDRI . Ys
5. Pelatihan, Edukasi & Sertifikasi Midati
6. Advokasi Hukum:Sugito
7. Media Dwiyan Ardiansyah
Asisten media Dwi Joni Suhendra
8.Hubungan Antar Lembaga Sri Widodo

Dalam sambutannya pembina DPP PBI (saat Meeting Zoom berlangsung) Prof.Dr Djarot.S.Wisnu Broto, Menyinggung tentang undang undang Cipta Kerja, oleh sebab itu PBI BumDes diharapkan bisa mensejahterakan masyarakat yang ada di desa.

BumDes juga berpeluang menciptakan lapangan pekerjaan. Di masa pandemi Covid 19 justru bisa membuka peluang kerjasama antar BumDes yang ada di seluruh Indonesia, sebagai contoh dengan meeting zoom bisa bertemu antar wilayah papua, kalimantan dan di beberapa wilayah lainya.

Setelah pelantikan, pengurus DPD PBI Lampung yang di gawangi oleh Anwar dilanjutkan dengan diskusi dan membahas rencana kegiatan PBI Propinsi Lampung yang mengagendakan pembentukan PBI Kabupaten, Audensi dengan pemerintah Daerah dan menyusun program-program PBI sesuai arahan dan petunjuk DPP nanti nya.

DPD PBI Lampung sangat support bagaimana mendorong kemajuan Bumdes yang ada di Lampung. Sebab masih banyak Bumdes-Bumdes yang belum berjalan secara optimal, ada bumdes tetapi tidak aktif.

“Inilah tugas pengurus PBI propinsi untuk mendorong bumdes lebih baik lagi dan bisa maju dan berkembang. kita berupaya untuk mendorong Bumdes yang ada di Lampung agar bisa menjadi lebih baik dan lebih maju lagi,” ungkap Anwar,Ketua PBI Lampung. Diakhir pertemuan dimanjakan dengan makan bersama di Cafe Ngopi Geh,Sukarame Bandar Lampung.

Sementara Aminudin selaku Ketua Sekretariat Wilayah Forum Pers Independent Indonesia ( FPII ) yang turut hadir saat pelantikan, mengucapkan selamat kepada seluruh Pengurus PBI Prov Lampung yang sudah dilantik.

Dirinya berharap ke depan BPI menjadi rumah besar bagi BumDes di seluruh kabupaten di Provinsi Lampung. Sehingga BumDes dapat berkembang sesuai harapan pemerintah dan masyarakat.

Reporter:
Roso, Biro Pesisir Barat, Lampung

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.