Para Juara MBS Award 2020 Diumumkan, Ini Harapan Wali Kota Probolinggo

29 Views

Probolinggo, RepublikNews – Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Probolinggo kembali menggelar Malam Penganugerahan Lomba Tata Kelola Manajemen Berbasis Sekolah (MBS Award) berorientasi pelayanan publik, berfokus pada mutu dan Lomba Sekolah Ramah Anak (SRA) Tahun 2020, Senin (12/10) malam, di salah satu rumah makan ternama di Jalan Pandjaitan.

Kegiatan itu, diikuti sebanyak 89 SD dan 60 SMP se-Kota Probolinggo.
Dalam laporannya, Kepala Disdikbud Kota Probolinggo Moch. Maskur mengatakan, MBS Award merupakan salah satu upaya meningkatkan mutu pendidikan. Serta, memperkuat pendidikan yang akuntabel, transparan, dan bebas dari kekerasan.

Maskur menambahkan, adanya penganugerahan ini juga bertujuan meningkatkan akses layanan pendidikan, mewujudkan manajemen sekolah yang akuntabel, transparan dan berorientasi pada pelayanan publik dan berfokus pada mutu pembelajaran. “Mewujudkan Kota Probolinggo sebagai Kota Layak Anak Tingkat Utama yang bebas dari kekerasan dan diskriminasi,” ujarnya.

MBS Award itu terdiri dari 2 tahap penilaian. Tahap pertama, terhadap berkas dokumen elektronik RKAS, kurikulum, silabus dan RPP serta bukti penyusunan dan pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19.

“Dari 86 SD, dipilih 15 SD dan dari 29 SMP, dipilih 9 SMP sebagai nominator untuk memasuki penilaian tahap kedua,” terangnya.

Nah, pada penilaian tahap kedua inilah, dilakukan visitasi dengan melihat secara langsung bukti dokumen serta proses penyusunan serta praktek pembelajaran daring dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Dari hasil visitasi penilaian tahap kedua, akhirnya terpilihlah juara 1, 2, 3, 4, 5 dan 6, baik SD maupun SMP,” katanya.

Sedangkan Lomba Sekolah Ramah Anak, pada penilaian tahap kedua, ada masing-masing 6 nominator baik dari tingkat SD maupun SMP. Yang mana, semua pemenang berhak atas trophy, piagam penghargaan dan hadiah.

Sementara, Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin dalam sambutannya menyampaikan, akan terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan di Kota Probolinggo. Dimana, lanjutnya, pendidikan menjadi salah satu prioritasnya untuk ditingkatkan. Dan hadirnya MBS Award 2020, bisa dijadikan spirit untuk memberdayakan sekolah, dalam menetapkan berbagai kebijakan internal, yang mengarah pada kinerja dan mutu sekolah secara keseluruhan. Sekaligus memotivasi para guru dalam menjawab tantangan, apalagi di tengah situasi dan kondisi pandemi seperti sekarang.

“Dengan adanya penghargaan MBS ini, harapannya sekolah mengetahui kekuatan, kelemahan ataupun peluang, hingga dapat mengoptimalkan sumber daya yang ada untuk memajukan sekolahnya. Termasuk sekolah dapat mengetahui kebutuhan-kebutuhan apa yang diperlukan lembaganya, khususnya pendidikan yang akan dikembangkan pada peserta didik,” terangnya.

Menurutnya, terbentuknya anak didik yang membanggakan, bukan karena anak didik itu sendiri. Melainkan, sangat erat kaitannya dengan campur tangan guru dan orangtua selaku wali murid, dalam mensupport keberhasilan si anak di masa yang akan datang.

“Disini peran orangtua juga sangat diperlukan. Tak ada anak yang berprestasi, tanpa support dari orangtuanya. Apalagi kita berada di situasi seperti sekarang ini, tentunya peran orangtua sangat menentukan juga, akan seperti apa kualitas anak-anak kita kelak,” terangnya.

Selain Wali Kota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin, terpantau hadir Wakil Wali (Wawali) Mochammad Soufis Subri, Ketua DPRD Abdul Mujib, Sekda Ninik Ira Wibawati, dan Kepala OPD di lingkungan Pemkot.
Termasuk sejumlah nominator kategori, para kepala sekolah serta perwakilan guru dan siswa yang juga meramaikan acara sekaligus menunggu pengumuman pemenang.

Setelah melalui serangkaian kegiatan, para pemenang MBS Award 2020 pun diumumkan. Untuk tingkat SD, juara pertama dimenangkan SDN Sumber Wetan 1, juara dua SDN Sukabumi 2, dan juara tiga SDN Sukabumi 10. Harapan satu SDN Sukabumi 1, harapan dua SDN Tisnonegaran 1, dan harapan tiga SD IT Permata.

Pemenang MBS Award 2020 tingkat SMP, juara pertama SMPN 5, juara dua SMPN 1,dan juara tiga SMPN 7. Dilanjutkan, harapan satu SMPN 10, juara harapan dua SMPK Mater Dei, dan harapan tiga SMPN 9.

Adapun pemenang Lomba Sekolah Ramah Anak tingkat SD, juara satu diberikan kepada SDK Mater Dei, juara dua SDN Sukabumi 4, dan juara tiga SDN Tisnonegaran 1. Harapan satu diraih oleh SDN Sukabumi 10, harapan dua Tahfid Bintangku dan harapan tiga SDN Mangunharjo 6.

Untuk kategori tingkat SMP, juara satu dimenangkan SMPN 9, juara dua SMPN 5, juara tiga SMPN 10. Harapan satu SMPN 7, harapan dua SMPN 1 dan harapan tiga SMP Muhammadiyah 1.
Selain itu, juga diberikan piagam penghargaan kepada Pengawas Pembina SD dan SMP Terbaik, yaitu Supardi dan Misbach. Serta penghargaan kategori Bapak Pembelajar, yang diterima Budi Wahyu Rianto.

Reporter :
Suatman
Kabiro Probolinggo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.