MENJELANG PILKADA BAKESBANGPOL GELAR SARASEHAN WARTAWAN DI UNTAG BANYUWANGI

156 Views

Banyuwangi, RepublikNews – Jelang pilkada 2020 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kabupaten Banyuwangi menggelar acara sarasehan wartawan, Media cetak , Elektronik dan online dalam tema” peran wartawan mensukseskan Pilkada 2020 guna menjaga kondusifnya wilayah Banyuwangi di era pandemi covid-19, bertempat di Auditorium Universitas 17 Agustus 1945 pada kamis (16/7/2020).

Dalam gelaran sarasehan wartawan, hadir Kepala Bakesbangpol Banyuwangi, Abdul Azis Hamidi, Kasat intelkam Polresta Banyuwangi, AKP Andi Amir Wahyudi mewakili Kapolresta Banyuwangi, Subahrudin Yusuf dari PWI, Elly Irwan Suryanto dari Radar Banyuwangi serta puluhan wartawan dari berbagai Media diseluruh Kabupaten Banyuwangi.

Kepala Bakesbangpol Banyuwangi, Abdul Azis Hamidi dalam sambutannya menyampaikan, bahwasannya ada beberapa syarat utama yang harus dicapai agar pelaksanaan pilkada Banyuwangi tahun 2020 berjalan sukses dan aman, yang pertama, penyelenggara pemilu yakni KPU dan Bawaslu dalam melaksanakan tugasnya harus sesuai dengan regulasi yang ada.

Yang kedua, tugas pemerintah adalah menyediakan anggaran Pilkada, menyiapkan data pemilih serta menyiapkan sarana dan prasarana lainnya. Yang ketiga adalah partai politik (Parpol) harus menyiapkan calon serta memberikan pendidikan politik kepada warga sehingga berpengaruh terhadap tingkat partisipasi masyarakat.

Ke empat, adalah aparat keamanan yakni Polri dan TNI menjaga keamanan saat sebelum pelaksanaan maupun sesudah Pilkada. Kelima, adalah peran serta tokoh masyarakat dan yang ke enam adalah peran media,” ungkap Abdul Azis Hamidi.

Lebih lanjut, Abdul Azis Hamidi mengatakan, media adalah ujung tombak kesuksesan penyelenggaraan Pilkada Banyuwangi, media juga berperan penting dalam membantu sosialisasi, dengan cara memotivasi masyarakat untuk memilih secara selektif calon – calon yang akan maju dalam Pilkada tahun ini. Media dalam pemberitaannya juga harus seimbang tidak membuat isu – isu politik yang bisa membuat tidak kondusifnya perpolitikan di Kabupaten Banyuwangi,” imbuhnya.

Sementara di kesempatan yang sama, Kasat Intelkam Polresta Banyuwangi, AKP Andi Amir Wahyudi mewakili Kapolresta Banyuwangi mohon dukungan kerjasama kalangan wartawan agar bisa bersinergi dan bersama – sama mensukseskan Pilkada di Banyuwangi yang dilaksanakan ditengah pandemi virus covid-19 ini supaya bisa berjalan lancar.

AKP Andi Amir Wahyudi juga menyampaikan, salah satu hal yang patut diwaspadai saat pelaksanaan tahapan Pilkada adalah maraknya berita hoaks. Oleh karena itu pihaknya berharap jajaran PWI Banyuwangi dan wartawan bisa menangkal menyebarnya berita hoaks tersebut.

Salah satu caranya dengan membuat berita yang akurat dan memberikan suasana yang positif bagi masyarakat. Selain itu juga bisa meluruskan berita yang tidak benar terkait Pilkada,” ucapnya.

Subahrudin Yusuf dari PWI menambahkan, Pilkada 9 Desember mendatang merupakan Pilkada yang dilaksanakan di tengah pandemi virus covid-19 merupakan tugas bersama antara wartawan dan stake holder lainnya untuk mengawal proses tersebut agar tetap sesuai dengan aturan.

Kami siap untuk menangkal berita hoaks yang tujuannya malah membuat suasana tidak kondusif, tentunya kita harus bersama – sama bersinergi dengan jajaran kepolisian dan TNI,” ujar Subahrudin Yusuf.

Kegiatan sarasehan wartawan yang digelar di Auditorium Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi tetap memperhatikan protokol kesehatan, para peserta diwajibkan cuci tangan dan melakukan pemeriksaan suhu tubuh. Selain itu, peserta tetap di wajibkan melakukan Physical Distancing. (Adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.