12 Pasien Konfirmasi Positif Baru Menambah Daftar Panjang Covid-19 Di Tuban.

202 Views

Tuban, RepublikNews

Penambahan kasus konfirmasi positif Covid-19, Kamis ,09/07/2020. 4 klaster kembali menambah jumlah Pasien konfirmasi positif, yaitu Klaster Pasar Leran Wetan, Klaster Grabagan, Klaster Gudang Garam dan Klaster Pasar Agro Babat.

Kewaspadaan terhadap penyebaran Covid-19 di Kabupaten Tuban harus terus ditingkatkan, terutama bagi masyarakat yang sudah mulai menjalankan aktifitas seperti biasa, karena salah satu tempat beresiko tinggi terjadinya penularan virus adalah di pasar dan tempat kerja.

Juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Endah Nurul Komariyati, ST. M.Kes.pada Media RepublikNews menyampaikan .
“Hari ini ada penambahan 12 Pasien Konfirmasi positif Covid-19 dari 4 klaster, klaster lama yaitu Pasar Leran Wetan dan Pasar Agro Babat serta Dua Klaster Baru yaitu dari Grabagan dan Gudang Garam.” Jelas Endah Nurul.

Adapun jika dirinci dari 3 orang dari  Klaster Pasar Leran Wetan adalah Perempuan (27) dan (50)  serta Laki-laki (35) asal Kecamatan Palang.

Dari Klaster Pasar Agro Babat terdapat 1 penambahan yaitu Perempuan (49) yang sudah meninggal dunia dan dimakamkan pada tanggal 26 Juni 2020, sebelumnya almarhumah berstatus PDP meninggal Dunia.

Sedangkan hari ini juga terdapat Klaster baru di Kecamatan Grabagan dengan penambahan 5 orang yang merupakan kontak erat dari pasien konfirmasi positif sebelumnya yang sudah wafat dan memiliki riwayat bekerja di luar kota. 5 orang tersebut yaitu Perempuan (19) dan (52)  serta Laki-laki (22 ,38 dan 67 tahun) asal Grabagan.

Untuk Klaster baru lainnya yaitu Klaster Gudang Garam, terdapat 3 pasien konfirmasi positif yaitu Perempuan (30) dan (38)  asal Palang dan Perempuan (38) asal Plumpang.

“Namun harapan adanya kesembuhan masih sangat terbuka lebar, hari ini ada 2 Pasien Konfirmasi Positif yang sembuh yaitu Laki-laki (52) asal Palang dan Laki-laki (52) asal Widang.” ujar Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban ini.

Jika melihat kondisi per hari ini, Kecamatan Palang masih menjadi Kecamatan dengan jumlah Pasien konfirmasi positif tertinggi yaitu 33 orang secara kumulatif dengan 6 orang sembuh dan  27 orang yang masih menjalankan perawatan dan isolasi.

Masih menurut Endah Nurul, Penerapan Protokol kesehatan secara disiplin di tempat kerja dan tempat lain terutama yang berhubungan dengan banyak orang tidak bisa ditawar lagi. Di antara beberapa cara adalah dengan membawa alat makan dan perlengkapan ibadah sendiri, menyiapkan masker lebih dari satu, hand sanitizer dan tisu basah, selalu menggunakan masker setiap keluar rumah terutama jika sedang berbicara dengan orang lain, atur dan jaga jarak serta sering mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir.

Berdasarkan Peta Sebaran yang dirilis Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Tuban, Jumlah Kumulatif Pasien konfirmasi positif Covid-19 adalah sebanyak 131 orang dengan keterangan 52 orang sembuh, 10 orang Meninggal dunia dan 69 masih dalam perawatan dan isolasi.

Dari Pasien Dalam Pengawasan (PDP) secara kumulatif sebanyak 125 orang dengan keterangan 63 orang Sembuh, 32 orang Meninggal Dunia dan 30 orang masih dalam pengawasan. Dan untuk Orang Dalam Pemantauan hari ini masih tersisa 24 orang dari 665 orang ODP. (@nt).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.