PRESIDEN RI KUNJUNGI PASAR PELAYANAN PUBLIK DI BANYUWANGI

194 Views

Banyuwangi, RepublikNews – Presiden Republik Indonesia Ir.H. Joko Widodo (Jokowi) melakukan kunjungan kerja ke Bumi Blambangan, Banyuwangi, Jawa Timur, pada kamis (25/06/2020)

Pada kunjungan perdananya ke Bumi Blambangan, Banyuwangi, presiden Jokowi ingin meninjau pasar pelayanan publik Rogojampi yang telah menerapkan new normal mengikuti standarisasi protokol kesehatan di tengah pandemi virus covid- 19.

Presiden Jokowi bersama rombongan tiba di depan pasar Tradisional Rogojampi sekitar pukul 14.20 wib dengan didampingi Sekretaris Kabinet Indonesia Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Whisnutama, Menkes Terawan Agus Putranto, Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID -19 Doni Monardo, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas. Usai keluar dari mobil Presiden Jokowi sempat menyapa dengan lambaian tangannya kepada warga masyarakat yang sudah lama menunggu dan berjejer di sepanjang jalan Pasar Tradisional Rogojampi.

Setibanya di Pasar Pelayanan Publik Rogojampi Presiden Jokowi tampak menyimak penjelasan dari Wahyu Fina, salah seorang petugas pasar Pelayanan Publik Rogojampi, tentang proses pelayan mandiri atau self service dimana warga bisa mengakses dokumen /izin tanpa bertemu petugas. Selain itu, tentang integrasi data kependudukan dengan program Smart Kampung, yaitu sistem digitalisasi pelayanan publik berbasis desa yang dikembangkan di Kabupaten Banyuwangi sejak lima tahun terakhir.

” Saya lihat untuk saat ini pelayanan publik di Banyuwangi paling bagus. Ini bisa direplikasi ke daerah lain ,” ucap Jokowi.

presiden Jokowi tampak memerintahkan kejajarannya untuk mereplikasi konsep unit pelayanan publik yang terintegrasi dengan pasar tradisional ke Kabupaten/ kota lainnya di Indonesia.

Dalam kesempatan ini Bupati Banyuwngi Abdullah Azwar Anas juga mengatakan” selain telah memiliki Mall Pelayanan publik, Banyuwangi juga memiliki dua pasar Pelayanan Publik, yaitu, diKecamatan Rogojampi dan Genteng. Ini merupakan unit pelayanan publik pertama di Indonesia yang terintegrasi dengan pasar tradisional. Pasar Pelayanan Publik tersebut diresmikan oleh Mendagri, Tjahjo Kumolo pada bulan April 2019 tahun silam.

Dengan pasar Pelayanan publik ini, setidaknya ada dua tujuhan, Pertama , memudahkan warga untuk mengurus dokumen Kependudukkan atau izin yang di butuhkan, kedua , ikut mengerakkan ekonomi Pasar, karena dengan kehadiran unit pelayanan publik ini ikut meningkatkan trafik orang ke pasar tradisional, bisa diurus dokumen dan izin sambil belanja di pasar tradisional,” ungkap Bupati Banyuwangi. (Adi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.